Categories
Spare Part

Alarm Motor & Berbagai Fungsi Penting Menggunakannya

Keamanan menjadi satu aspek yang wajib diperhatikan ketika kamu memiliki kendaraan bermotor. Pasalnya, angka curanmor alias pencurian kendaraan bermotor semakin hari semakin banyak saja terutama di masa pandemi seperti sekarang yang memberikan imbas sangat besar pada sektor finansial. Itulah alasannya penting bagi kamu untuk menambahkan sistem keamanan berupa kunci pengaman dan juga alarm motor.

Jika kunci pengaman ataupun gembok motor berfungsi untuk mengunci cakram ataupun stang agar motor tak bisa dipindahkan oleh orang yang tak memiliki kunci, maka alarm berfungsi sebagai pemberi kode jika kendaraan mengalami pukulan atau getaran yang cukup kuat seperti ketika ada pencuri yang mencoba membobol kunci atau gemboknya. Dengan adanya kode ini kamu seperti diberi peringatan akan kondisi bahaya sehingga bisa langsung melakukan tindakan selanjutnya, seperti meminta tolong pada orang sekitar atau langsung menelpon pihak yang berwajib. Bukan hanya itu, alarm motor juga punya fungsi lain yang super penting dan wajib kamu ketahui.

  1. Menekan Angka Pencurian

Kita tidak pernah tahu seberapa canggih cara pencuri masa kini untuk melancarkan aksinya karena semakin canggih teknologi, semakin pintar juga cara orang-orang jahat ini dalam beraksi. Dengan adanya sistem alarm yang memberikan peringatan pada pemilik motor dan juga orang di sekitar, diharapkan tindak pencurian bisa digagalkan sehingga pada akhirnya angka pencurian bisa ditekan.

Bayangkan saja jika semakin banyak orang yang dengan penuh kesadaran memasang alarm motor maka akan semakin sedikit pencuri yang berhasil melakukan aksi kriminalnya. Dengan demikian, lingkungan akan lebih aman dan kamu pun semakin nyaman ketika harus meninggalkan motor baik di tempat umum maupun garasi rumah.

  1. Mengoperasikan Mesin Motor dari Jarak Jauh

Hal ini tentunya juga berhubungan dengan sistem keamanan dengan alarm yang dibahas di atas. Jadi, seperti yang kamu tahu bahwa perkembangan teknologi membuat sistem alarm semakin canggih dari waktu ke waktu. Saat ini, beberapa jenis alarm bukan hanya memberikan kode peringatan berupa suara klakson bertubi-tubi ataupun sirine namun juga bisa mengontrol mesin motor dari jarak jauh. Ilustrasinya seperti ini: ketika pencuri berhasil membobol motor, pasti mesin motor akan dinyalakan supaya bisa dipacu dan kabur.

Tentu saja alarm yang terpasang akan meraung-raung sehingga kamu bisa segera bertindak dengan mematikan mesin dari jarak jauh menggunakan remote yang merupakan bagian dari sistem keamanan yang kamu pasang. Meskipun mesin tidak mati dalam waktu lama, namun ini cukup memberikan waktu bagi kamu dan orang di sekeliling untuk mengejar pelaku dan mendapatkan kembali motor tersebut. Dengan begini, pencurian bisa digagalkan dan angka peningkatan kasusnya juga bisa ditekan.

  1. Menutup Kemungkinan Duplikasi Kunci

Nah, fungsi penting ini berlaku untuk kamu yang menggunakan sistem alarm berbentuk gembok ataupun kunci lain yang membutuhkan anak kunci untuk membukanya. Jadi beberapa gembok memang langsung terintegrasi dengan sistem alarm yang akan langsung berbunyi nyaring ketika ada tekanan atau getaran kuat yang mengenainya. Ini merupakan fungsi dasar alarm yang kamu pasti sudah paham betul.

Menariknya adalah model pengamanan macam ini membutuhkan kunci untuk membukanya dan anak kunci tersebut sengaja didesain berbeda supaya tak bisa diduplikasi atau ditiru. Dengan demikian keamanan kendaraan akan lebih terjamin sebab hanya kamu lah yang bisa mengaktifkan atau mematikan sistem tersebut.

Memasang alarm motor dan sistem keamanan lainnya bukanlah masalah gaya ataupun tren. Ini merupakan sebuah kebutuhan sekaligus keharusan supaya keamanan kendaraan terjaga dimanapun berada. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengaktifkan alarm kendaraan kamu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *