Categories
Spare Part

Alasan Ban IRC Trail Depan Lebih Besar dari Belakang

Ukuran penggunaan ban yang umum adalah ban belakang lebih besar daripada ban belakang. Hal tersebut bertujuan untuk menyeimbangkan motor pada saat digunakan. Beban motor pada bagian belakang biasanya lebih berat daripada bagian depan. Itulah mengapa ukuran ban pada motor biasa untuk bagian depan dibuat lebih kecil dibandingkan dengan ban belakang. Tetapi kamu akan menemukan fakta yang berbeda ketika menjumpai motor trail. Ukuran ban motor trail untuk bagian depan dibuat lebih besar dibandingkan bagian belakang. Berikut pembahasan alasan ban IRC Trail depan lebih besar dibanding belakang.

Perbedaan ukuran ban depan dan belakang pada motor trail telah melewati serangkaian tes dan uji coba untuk memastikan tingkat keamanannya. Alasan yang mendasari ban IRC trail depan lebih besar dibandingkan dengan bagian belakang adalah ban depan berfungsi untuk melewati jalan-jalan yang terjal sehingga membutuhkan ban yang bisa meredam getaran yang dihasilkan dari benturan tersebut, Maka dari itu, ukuran ban motor trail bagian depan didesain lebih besar dibandingkan ban belakang.

Alasan lain yang mendasari perbedaan ukuran ban belakang dan depan pada motor trail adalah ukuran shock pada bagian depan lebih besar sehingga membutuhkan diameter roda yang lebih besar untuk mengimbanginya. Penggunaan shock yang besar pada bagian depan dimaksudkan untuk memudahkan motor ketika melewati jalanan yang terjal, berbatu, curam dan penuh lumpur. Alasan terakhir yang mendasarinya adalah motor trail menggunakan velg jari-jari yang berbeda daripada motor pada umumnya. Maka dari itu dibutuhkan ban yang lebih lunak agar lebih elastis pada saat digunakan.

Masalah yang Sering Terjadi pada Ban IRC Trail dan Cara mengatasinya

Ban adalah alat penopang motor yang bersentuhan langsung dengan jalan baik itu aspal maupun jalanan yang berbatu. Masalah di ban tentu saja tidak bisa dihindarkan begitu saja. Berikut ini adalah masalah yang sering terjadi pada ban IRC trail dan cara mengatasinya.

  1. Benjol

Masalah ban benjol biasanya terjadi karena adanya benturan yang keras atau terkena batu. Ban yang benjol juga bisa disebabkan oleh muatan yang terlalu berlebihan. Untuk menghindari ban benjol pada motor trail kamu bisa menggunakan stopper. Stopper adalah alat yang mampu melindungi ban dari benturan keras. Selain itu, dengan menggunakan stopper banmu akan menjadi lebih stabil dan mudah dikendalikan dalam medan yang berat.

  • Aus Sebelah

Ban aus biasa terjadi karena pemakaian dan sudah waktunya untuk diganti. Ban yang aus wajar terjadi karena ban mengalami gesekan terutama ketika ban motor trailmu melewati jalanan yang cukup terjal dan berbatu. Selain itu, slip juga dapat mengikis ban menjadi lebih mudah aus. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menghindari jalanan yang licin atau menggunakan stopper agar jalan ban motormu menjadi lebih nyaman dan tidak mudah aus. Kamu juga bisa mengempeskan ban mu untuk dapat melewati jalanan yang membuat banmu cepat aus.

  • Retak

Ban yang retak biasanya terjadi karena motor sudah lama tidak digunakan sehingga elastisitasnya berkurang dan lama kelamaan akan mengalami retak. Untuk mengatasi hal ini sering-seringlah menggunakan motormu agar elastisitas banmu tetap terjaga.

  • Robek

Ban yang robek biasanya dikarenakan terjadinya gesekan yang keras dengan benda tajam. Tetapi masalah seperti ini jarang terjadi kecuali batu yang kamu lewati benar-benar tajam. Ban motor trail didesain dengan sangat tebal dan tahan terhadap goresan dari batu. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menggunakan stopper atau menyeimbangkan tekanan angin ban motormu.

Permasalahan yang terjadi pada ban motor adalah hal yang wajar mengingat ban bersentuhan langsung dengan jalanan. Di jalan terdapat banyak sekali benda asing yang bisa merusak ban. Maka dari itu, setelah melakukan trail kamu harus mencuci ban motormu untuk melihat kondisinya. Ban yang dibersihkan setelah digunakan dapat mengantisipasi kerusakan yang lebih parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *