Categories
Spare Part

Astra Honda Racing Team, Ujung Tombak Motor Honda Indonesia pada Ajang Balap Internasional

Dibidang balapan sepeda motor, Astra Honda Motor (AHM) sudah lama berkecimpung dan menggondol berbagai gelar juara di Asia dan dunia. Keberhasilan ini tidak semata-mata kerja mudah, namun merupakan buah dari kerja keras AHM bersamapembalap-pembalap yang berkumpul pada sebuah tim balap Honda Indonesia yaitu Astra Honda Racing Team (AHRT). Dengan tagline “Satu Hati untuk Indonesia Juara”, AHRT terdiri dari talent-talent muda Indonesia yang dipersiapkan untuk berkompetisi pada ajang motor balap seperti CEV Moto 3, Asia Road Racing Championship (ARRC), Asia Talent Cup (ATC), Thailand Talent Cup (TTC), dan juga ajang balap kelas Motor Cross. Tim ini adalah gabungan dari management AHM dengan tim balap professional untuk mengembangkan skill personal pembalap dan kemampuan motor Honda itu sendiri.

Pengembangan Program Astra Honda Racing School (AHRS)

Dalam mengembangkan personal skill para pembalap, AHRT mengembangkan program Astra Honda Racing School (AHRS) dimana para pembalap masa depan lahir untuk membawa nama baik Indonesia di kancah balap internasional. AHRS adalah kawah candradimuka yang menghasilkan pembalap yang bermental kompetisi. Selama pelatihan, AHM membekali mereka dengan kemampuan dasar seperti basic public speaking, kemampuan balap teknis dan non teknis. Kemampuan basic public speaking berfungsi untuk menyempurnakan kemampuan interview atau saat doorstop media. Dari sisi dasar balap non teknis sendiri bekal seperti pengetahuan tata cara balapan, aturan bendera, dan aturan khusus pada kompetisi balap diberikan untuk memperkaya pengetahuan pembalap. Secara teknis selama pelatihan teknik balap dan attitude ditanamkan agar pembalap mampu menjadi profesional yang bertanggung jawab.

Kemenangan Para Pembalap Dengan Motor Honda

AHRT sendiri saat ini memiliki 12 pembalap muda dengan rata-rata usia 12 – 25 tahun yang dibagi ke beberapa divisi sesuai ajang kompetisi balap yang telah disebutkan sebelumnya. Beberapa pembalap AHRT dengan achievement-nya seperti Mario Suryo Aji (Super Mario) dengan prestasinya Juara 3 Race Thailand Talent Cup 2017, Rheza Danica Ahrenz (The Silent Boy) dengan prestasinya Champion of Asia Road Racing Championship AP250 Class, Irfan Ardiansyah (Irfantastic) dengan prestasinya Juara 1 Suzuka 4 Hours Endurance Race 2016, Lucky Hendriansya dengan prestasi Juara 2 MP 3 Region 5 2015, M. Adenata Putra dengan prestasinya Juara 1 Rd. 3 Thailand Talent Cup 2017, Herjun Atna Firdaus dengan prestasinya 9th Position Overall Standing Asia Talent Cup 2019, Azryan Dheyo Wahyumaniadi dengan prestasi 4th Winner on TTC 2019, Herlian Dandi dengan prestasi Juara 1 TTC 2019 Rd.5 Race 1 2019, dan beberapa jebolan AHRS yaitu Fadillah Arbi Aditama, Veda Ega Pratama, Chessy Meilandri serta pembalap ajang motocross yaitu Delvintor Alfarizi yang telah mencapai Champion of National Motocross Championship MX2 2019. Tidak hanya di ARRC, ATC, dan TTC, pembalap jebolan AHRT, yaitu Andi Gilang telah bergabung dengan Honda Team Asia untuk berkompetisi pada ajang GP Moto2.

AHRT menjadi contoh bagaimana tidak hanya memunculkan eksistensi Indonesia di ajang balap internasional, tetapi juga membuktikan bahwa pembalap muda Indonesia memiliki potensi yang sangat besar apabila diberikan fasilitas berupa pelatihan dan juga diterjunkan langsung pada ajang balap tersebut. Dengan dukungan AHM serta berbagai elemen masyarakat, Astra Honda Racing Team bisa menjadi ujung tombak harapan bangsa Indonesia untuk bisa memboyong berbagai tingkatan dan kelas kompetisi yang ada di dunia yang tentunya sangat dinantikan oleh semua pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *