Categories
Spare Part

Ban IRCTernyata Punya Kadaluarsa Lho, Simak Cara Mengeceknya di Sini

Mungkin banyak dari kita yang baru mengetahui jika ban sepeda motor maupun ban kendaraan lainnya memiliki masa akhir penggunaan alias kadaluarsa. Mungkin banyak dari kita hanya akan mengganti ban IRC Trail jika sudah benar-benar rusak tanpa memperhatikan waktu kadaluarsa-nya, nah sebenarnya hal ini sangat berbahaya. Ban IRC ternyata punya kadaluarsanya.

Sama halnya seperti makan makanan yang kadaluarsa, pastinya akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk tubuh, nah hal yang sama juga berlaku saat menggunakan ban yang sudah kadaluarsa karena pastinya fungsi ban juga akan menurun. Sebagai kaki dari kendaraan, pastinya kamu harus merawat ban dengan baik termasuk menggantinya saat sudah kadaluarsa. Nah, buat kamu yang belum tahu cara mengecek tanggal kadaluarsa ban, langsung simak ulasannya di bawah ini.

Informasi Mengenai kadaluarsa Ban IRC Trail dan Kendaraan Lainnya

Buat kamu yang belum tahu, ternyata masa pakai ban IRC Trail dan ban kendaraan lain adalah 6 tahun. Walaupun cukup panjang, namun kamu pun harus segera menggantinya jika sudah kadaluarsa karena jika tak segera diganti maka akan cukup berisiko saat dipakai. Hal ini dikarenakan karet ban sudah getas dan mengakibatkan ban mudah retak serta pecah. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi ternyata caranya cukup mudah.

Saat kamu membeli ban motor jangan lupa untuk melihat kode produksi yang ada di bannya. Biasanya kode produksi ini ada di bagian samping ban dan tiap produsen ban memiliki kode produksi sendiri-sendiri umumnya terdiri dari 5 hingga 8 digit. Walaupun begitu, terdapat standar internasional yang bisa dijadikan acuan dimana  4 digit angka dari belakang merupakan minggu dan tahun ban diproduksi. Contohnya, kode yang tertulis di ban tersebut ‘XXX1113’ itu artinya ban ini diproduksi pada minggu ke-11 ada tahun 2013.

Tips Merawat Ban IRC Trail dan Ban Lainnya Agar Awet

  1. Pakai ban yang ukurannya sesuai

Tiap pabrikan motor pastinya sudah menggunakan standar tersendiri untuk ban motor baik ban luar maupun dalam. Maka dari itu, kamu harus menggunakan ban yang sesuai dengan ukuran tersebut. Menggunakan ban yang tidak sesuai standar yang diberikan hanya akan membahayakan diri sendiri maupun merusak komponen lain di motor kamu.

  1. Perhatikan beban motor

Selalu perhatikan beban barang atau jumlah orang kamu bonceng, jangan sampai melebihi kapasitas motor kamu karena hal ini hanya akan membuat ban motor kamu jadi lebih cepat halus. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu mengecek ban kamu setiap 10.000 km untuk mengantisipasi kerusakannya.

  1. Perhatikan kapasitas udara di ban

Tekanan udara untuk ban sudah diatur oleh pabriknya dan kamu pun harus mengikutinya. Ban yang kurang angin atau kelebihan angin pastinya juga akan berdampak pada kualitas ban seperti tarikan menjadi lebih berat dan juga ban habis tidak rata.

  1. Bersihkan ban secara rutin

Kebersihan memang salah satu kunci untuk merawat apapun termasuk ban IRC Trail. Sebaiknya kamu rutin membersihkan kotoran berupa kerikil atau pasir di ban karena jika dibiarkan akan membuat ban cepat aus.

  1. Cek kondisi komponen ban

Saat kamu mengendarai motor atau kendaraan lain dan merasakan ada goyangan karena kerusakan pada roda sebaiknya segera diperiksa. Jika memang terdapat kerusakan segera perbaiki untuk menghindari aus ban yang tidak rata.

Nah, pastinya kini kamu sudah tahu bagaimana cara mengecek kadaluarsa ban IRC Trail selain itu, kamu juga sudah tahu apa saja yang harus kamu lakukan untuk membuat ban kendaraan awet. Jangan lupa untuk diterapkan agar kamu juga nyaman berkendara. Selamat mencoba! Ban IRC ternyata punya kadaluarsanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *