Categories
Spare Part

Ban Proban Kempes? Ini yang Perlu Dilakukan

Bagi pengendara baik itu mobil atau motor mengalami ban kempes memang hal yang menjengkelkan. Untuk ban motor, salah satu penyebab yang sering terjadi adalah karena terkena benda tajam, paku misalnya. Namun selain itu ternyata ada beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan Proban bocor. Bisa karena memakai ban yang sudah gundul, ban terkena pasir, kondisi velg dan lainnya. Nah, bila mengalami ban bocor tidak perlu panik namun coba lakukan beberapa hal seperti di bawah ini. Ban proban kempes? Lakukan cara dibawah ini yuk.

Memeriksa Kondisi Ban

Hal pertama yang bisa dilakukan saat ban motor tiba-tiba kempes adalah memeriksa kondisi ban. Hal ini untuk memastikan apa yang menjadi penyebab ban mengalami kebocoran. Jika penyebabnya karena terkena paku, segera cabut paku tersebut supaya ban bisa tetap dipakai. Namun pada ban tubeless, lebih baik biarkan saja sampai menemukan bengkel terdekat.

Buka Baut pada Penutup Ban

Jika ban motor menggunakan ban dalam, buka terlebih dahulu baut penutup pada ban dan masukkan ke dalam velg. Cara ini bertujuan supaya tidak terjadi kerusakan pada penutup ban. Sebab bila motor dijalankan dalam keadaan baut penutup ban masih terpasang, ban luar akan berputar bersama dengan tarikan pada ban dalam sehingga bisa menyebabkan kerusakan.

Tuntun Motor secara Perlahan

Saat menuju bengkel terdekat seringkali pengendara tetap menaiki motor. Cara ini sebetulnya kurang tepat sebab bisa membuat kerusakan semakin parah yang bisa berimbas pada kerusakan velg.

Letak Bengkel Jauh?

Hal ini memang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk kamu. Nah, jika mengalami hal ini yang pertama tidak perlu panik. Tuntun motor ke tempat yang sekiranya lebih aman misalnya dekat pemukiman penduduk. Kemudian bisa segera menghubungi pasangan, saudara, teman yang tinggalnya tidak jauh dari lokasi untuk meminta pertolongan. Bisa juga meminta tolong pada petugas keamanan setempat atau menghubungi tukang service langganan sebab zaman sekarang banyak yang menawarkan jasa tersebut. Supaya kejadian ini tidak terulang, ada baiknya kamu juga perlu mengetahui beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kebocoran ban.

Pasir yang Menumpuk

Adanya pasir yang menumpuk bisa karena kurangnya menjaga kebersihan motor terlebih pada saat musim hujan. Pasir yang menumpuk diantara ban dan roda bisa membuat gesekan dan membuat celah. Kebocoran ini pada umumnya tidak terlihat namun saat ban berada di air bisa mengakibatkan munculnya gelembung. Solusi untuk masalah ini adalah dengan membersihkan pasir yang ada pada ban. Dan bagian yang bocor bisa dibawa ke bengkel untuk ditangani.

Memakai Ban yang Sudah Tipis

Penggunaan ban memang perlu diperhatikan. Bila Proban sudah tipis dan sudah tidak layak pakai segera ganti yang baru. Supaya terhindar dari masalah ini perawatan dan pengecekan rutin perlu dilakukan.

Velg Ban Bermasalah

Bagian velg yang sudah keropos, cenderung mempunyai bentuk yang tajam sehingga dapat merobek ban motor. Selain itu perbedaan ukuran velg dan ban juga bisa menyebabkan gesekan sehingga ban mengalami kebocoran. Solusi yang bisa kamu lakukan adalah pengamplasan pada velg.

Ban Terkena Ranjau Contohnya Pecahan Kaca, Paku dll

Benda tajam merupakan penyebab utama bocornya ban pada motor. Seringkali ini dialami pada ban bagian belakang sebab beban yang ditanggung lebih besar. Dan menambal ban merupakan solusi yang bisa kamu lakukan.

Nah, mulai sekarang lebih hati-hati dalam berkendara, ya. Ban proban kempes? Lakukan cara dibawah ini yuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *