Categories
Spare Part

Baut Motor dan Mobil Beserta Fungsinya

Bagian motor dan mobil umumnya sangat kompleks. Di antara banyaknya komponen motor dan mobil, baut motor dan mobil adalah jenis komponen yang mungkin terlihat sepele tetapi fungsinya besar. Fungsi utama dari baut adalah menyatukan komponen sepeda motor atau mobil tersebut. Komponen motor atau mobil pun memiliki banyak bagian yang terpisah mulai dari kemudi, bodi depan, belakang, samping, mesin bagian dalam, dan masih banyak lagi. Untuk merekatkannya, tentu butuh baut ini. Nah, untuk lebih jelas tentang jenis baut untuk motor, simak ulasannya di bawah ini, ya.

  • Baut Roda

Baut roda adalah jenis baut yang paling umum. Setiap kendaraan bermotor memiliki jumlah baut roda yang berbeda, beda mulai dari 4 hingga 8 per roda. Fungsi utama baut di bagian rod aini tentunya untuk menahan beban ketika roda mobil maupun motor sedang berputar. Dengan begitu, baut bagian roda ini biasanya cukup kuat dan tentunya berkualitas. Baut roda ini penting untuk selalu dikencangkan dan diganti ketika sudah karatan. Dengan begitu, berkendara pun jauh lebih aman.

  • Baut Tanam

Jenis baut berikutnya adalah baut tipe tanam. Baut yang satu ini berada di bagian-bagian dalam mesin. Di antara banyak jenis baut yang ada, baut tanam adalah jenis baut yang paling sulit untuk dilepaskan. Hal itu disebabkan oleh bagian mesin adalah bagian yang penting. Untuk membongkar baut tana mini biasanya butuh teknik khusus dan tidak bisa dilepaskan sembarangan. Biasanya, jenis baut tanam ini, lebih dikenal oleh para teknisi.

  • Baut Tipe L

Jenis baut berikutnya adalah baut tipe L. Baut yang satu ini memiliki bentuk yang sederhana atau simpel. Biasanya, baut ini adalah baut yang dipasang pada beragam jenis aksesori kendaraan baik motor maupun mobil. Jenis baut ini paling umum ditemukan di mobil Jeep. Letak baut L yang paling umum adalah di engsel pintu, over fender, dan lain sebagainya.

  • Baut Flange

Jenis baut berikutnya yang cukup umum adalah baut flange atau disebut juga dengan baut berbentuk heksagonal. Ciri lainnya selain dari bentuk kepalanya yang segi enam adalah permukaannya yang lebih lebar. Fungsi baut ini selain untuk merekatkan adalah untuk meredam tekanan sehingga tidak mudah longgar atau terlepas. Baut yang satu ini terbuat dari banyak bahan. Akan tetapi, bahan yang paling umum dipakai adalah dari baja hitam. Baja hitam banyak dipilih karena lebih tahan lama dan kuat.

  • Baut Plastic Region

Dilihat dari bahannya, baut memang memiliki beberapa jenis. Salah satu jenis yang cukup umum digunakan pada motor dan mobil adalah jenis baut plastic region. Baut yang satu ini terbuat dari bahan plastik terbaik yang sangat tahan lama. Tidak hanya itu, baut ini juga bisa membantu kendaraan untuk menahan tekanan atau tegangan terutama ketika kendaraan bergerak dengan kecepatan tinggi.

Nah, itulah jenis baut yang cukup umum digunakan untuk kendaraan bermotor, baik sepeda motor atau pun mobil. Kamu perlu mengetahui jenisnya supaya ketika membutuhkannya tidak akan salah beli. Beberapa jenis baut bisa dilepas pasangkan sendiri. Akan tetapi, beberapa di antaranya memang membutuhkan jasa ahli. Kalau sudah mengetahui fungsi dan jenisnya, pastinya kamu tidak perlu bingung ketika terjadi masalah yang berkaitan dengan komponen terutama baut dan mur ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *