Categories
Spare Part

Beberapa Cara Memasang Lampu LED Motor yang Benar dan Sesuai

Lampu LED pada motor memberikan banyak manfaat untuk kamu ketika berkendara. Harga lampu LED motor yang tidak seberapa serta memiliki ukuran yang tergolong kecil, jangan sampai kamu meremehkan salah satu komponen yang ada pada motor ini. Tanpa ada dan terpasangnya lampu LED pada motor kamu, perjalanan kamu ketika malam hari atau ketika dalam keadaan gelap tidak berjalan dengan lancar. Kamu tidak akan bisa melihat jalanan yang akan kamu lewati. Apakah jalan itu lurus, berbelok, berlubang atau sebagainya. Jika ini terjadi, perjalanan kamu sangat membahayakan, karena memiliki resiko besar terjadi kecelakaan. Berikut beberapa cara memasang lampu LED dengan benar.

Masalah yang sering kali terjadi pada lampu LED adalah lampu mati. Lampu LED pada motor mati bisa disebabkan oleh berbagai hal. Bisa karena konslet kemasukan air, konslet pada kabelnya, suhu yang terlalu panas pada lampu, dan lain sebagainya. Ketika lampu LED mati, hal yang bisa dilakukan adalah mengganti lampu dengan yang baru. Pemasangan lampu LED ini sebenarnya bisa kamu pasang sendiri di rumah. Kendala yang terjadi adalah kamu belum mengetahui bagaimana cara pemasangan lampu LED pada motor ini. Jadi, kebanyakan orang lebih memilih untuk membawanya ke bengkel untuk memasangkan lampu ini. Karena di bengkel, motor kamu lebih aman dan pemasangannya lebih terjamin benar dan jika terjadi sesuatu pun sudah dipegang oleh ahlinya. Karena bengkel adalah salah satu perusahaan bidang jasa, ketika kamu menggunakan jasa bengkel, kamu diharuskan untuk memberikan imbalan kepada bengkel tersebut.

Harga lampu LED motor yang tidak seberapa mahal ini, bisa kamu hemat juga biaya pemasangannya. Kamu bisa memasangnya sendiri di rumah. Bagaimana cara pemasangan lampu LED motor yang tepat ? Ikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini.

Cara Pemasangan Lampu LED Motor yang Benar dan Sesuai

Ketika kamu akan mengganti lampu motor dengan lampu LED, atau akan mengganti lampu LED yang sudah mati, kamu bisa memasangnya sendiri dengan mengikuti cara-cara berikut ini

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memasang socket atau fitting yang sesuai dengan motor yang kamu miliki. Ada beberapa tipe yang bisa digunakan, seperti tipe H6 yang cocok digunakan untuk jenis motor bebek dan motor matic. Ada juga tipe H4 yang cocok digunakan untuk motor gede atau motor sport. Pemasangan fitting ini cukup mudah. Pada bagian atas lampu LED terdapat lubang yang berfungsi sebagai tempat mur dikaitkan. Di sinilah fitting dikaitkan kemudian di mur agar tidak terlepas. Pemasangan fitting ini bisa kamu atur, bisa maju atau mundur disesuaikan dengan jenis motornya. Hal ini dimaksudkan agar cahaya lampu menyorot tidak terlalu ke atas ataupun sebaliknya.

Langkah kedua adalah pemasangan lampu pada reflektor. Pemasangan bola lampu ini sama seperti ketika memasang bola lampu lainnya, yaitu dengan meletakkan bagian pangkal bola lampu pada reflektor kemudian agak ditekan dan diputar perlahan. Kamu harus hati-hati ketika pemasangan ini. Jangan menekan lampu terlalu kuat karena bisa menyebabkan bola lampu pecah.

Langkah ketiga adalah pemasangan kabelnya. Pada proses inilah kamu mendapatkan sedikit kesulitan. Jika kamu tidak paham dengan kabel-kabel tersebut, kabel tidak akan terpasang dengan benar. Jenis kabel pada saat pemasangan lampu LED motor dibedakan dengan warnanya. Warna hijau untuk arus negatif, warna biru untuk lampu jauh, dan warna putih digunakan untuk lampu dekat. Setelah penyambungan kabel-kabel tersebut, jangan lupa untuk memberi isolasi pada sambungan kabel. Hal ini diperuntukkan juga agar lebih aman dan tidak mudah terjadi konsleting.

Apakah penjelasan diatas dapat membantu kamu mengetahui bagaimana memasang lampu LED sendiri. Kamu bisa mencobanya dengan membeli harga lampu LED motor untuk penampilan motor yang lebih kekinian. Berikut beberapa cara memasang lampu LED dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *