Categories
Daftar Harga Motor Bekas

Begini Cara Ganti Ban Motor Ring 17

Mengganti ban memang tidak semua orang bisa melakukannya. Sebab kegiatan tersebut tidak sering dilakukan seperti kegiatan mengganti oli. Sebetulnya cara mengganti ban ini juga perlu kamu kuasai. Sehingga bila mengalami ban pecah di jalan kamu bisa menggantinya sendiri. Namun sebelum mengganti ban kamu juga harus mengenali apa yang menyebabkan ban motor kamu rusak supaya kamu bisa mencegahnya agar tidak terulang lagi. Begini cara mudah ganti ban motor ring 17 kamu. 

  1. Sebelum Diganti, Kenali Dahulu Penyebab Kerusakan Ban 

Yang menjadi penyebab ban dengan harga ban motor ring 17 murah rusak bisa berbagai faktor. Bisa karena pola pemakaian, pemeliharaan ban motor yang kurang tepat, tertusuk benda tajam dan lainnya. Selain itu kondisi ban yang retak-retak juga sering menjadi penyebab ban mengalami kerusakan. Ban yang retak bisa disebabkan umur ban yang sudah tua sehingga karet menjadi getas. Kondisi ban seperti ini bisa juga disebabkan karena sering menyimpan motor pada tempat panas. Ban yang sering terkena sinar matahari langsung membuat karet ban cepat keras dan retak-retak. Kamu harus mengganti ban lebih cepat juga bisa dikarenakan abrasi pada ban yang polanya tidak merata. Ini bisa terjadi akibat pengereman mendadak, pengisian tekanan angin yang tidak sesuai, penggunaan shockbreaker yang daya pegasnya tidak rata yang menyebabkan pengikisan karet ban yang tidak rata dan lainnya.  

  1. Pilih Ban yang Tepat 

Saat akan mengganti ban selain mempertimbangkan harga ban motor ring 17 murah, kamu juga perlu memperhatikan ukurannya, alurnya, disesuaikan dengan jenis velg serta keperluan kamu dalam pemakaian motor. Bila motor untuk keperluan harian, tidak dianjurkan memilih ban dengan kompon lunak karena tipe ini lebih cocok untuk keperluan balap. Untuk keperluan harian bisa memilih ban dengan kompon medium karena masa pakainya lebih lama dan daya cengkramnya baik. 

Begini, Lho Cara Mudah Mengganti Ban 

Setelah memahami penyebab ban mudah rusak dan cara memilih ban yang tepat, kini saatnya mengganti ban dengan yang baru. 

  • Langkah pertama yang harus kamu perhatikan adalah menggunakan peralatan yang tidak merusak ban dan juga velg. 
  • Saat terpasang, pastikan velg sejajar dengan rim line dan arah putar sesuai dengan petunjuk. 
  • Jangan lupa cek tekanan angin sudah sesuai standar. 
  • Sesuaikan ukuran ban dalam dan ban luar. 
  • Cek dan pastikan tidak ada kotoran, kerikil atau paku di dalam ban. 
  • Untuk melindungi ban dalam dari tusukan spoke velg jangan lupa gunakan rim tape. 
  • Pastikan juga posisi valve pada ban dalam sesuai dengan tanda yang tertera dan kencangkan mur pada ban dalam.  
  • Untuk menghindari motor menjadi oleng, setelah mengganti ban belakang kamu perlu mensejajarkan posisinya dengan ban depan.  
  • Jika ban sudah terpasang rapi, kamu bisa menarik tus rem beberapa kali. Tarik rem sampai tekanan rem kembali normal. Cara ini bertujuan untuk menghindari terjadinya rem blong. 
  • Tekanan saat fitting awal maksimum ada pada angka 40 psi.  
  • Setelahnya atur tekanan angin ban sebesar 28-30 psi untuk pemakaian harian. Sedangkan untuk keperluan balap 20-23 psi.  
  • Tutup valve menggunakan valve cup. 
  • Khusus untuk rem cakram kamu bisa menarik tuas rem beberapa kali sampai tekanan kembali normal. 

Jika ban sudah terpasang dengan tepat pada motor kesayangan, rawatlah dengan benar supaya lebih awet dan tentu lebih hemat pengeluaran. Begini cara mudah ganti ban motor ring 17 kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *