Categories
Spare Part

Bingung Memilih Shockbreaker Beat yang Tepat? Ini Dia Berbagai Tipe Shockbreaker pada Motor

Kenyamanan dan keamanan dalam berkendara adalah suatu hal yang sangat penting. Untuk menunjang keamanan dan kenyamanan dalam berkendara produsen motor telah menyiapkannya dan selama ini juga telah kamu nikmati manfaatnya. Kenyamanan berkendara tersebut dapat kamu peroleh salah satunya adalah dengan adanya shockbreaker pada motormu. Shockbreaker adalah peredam bagi motormu ketika melewati jalanan berbatu dan terjal. Nah, ada baiknya kamu mengetahui apa saja macam-macam shockbreaker motor agar kamu tidak bingung ketika ingin mengganti shockbreaker milikmu. Kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini. Bingung memilih shockbreaker?

  1. Shockbreaker Single Tube

Shockbreaker jenis ini tidak memiliki silinder, jadi ketika motormu mengalami guncangan yang bekerja sebagai peredam adalah bagian per motor. Shockbreaker jenis single tube memiliki damper case yang terdapat pada bagian atas shockbreaker. Shockbreaker jenis ini dianggap lebih praktis dan murah.

  • Shockbreaker Double Tube

Shockbreaker jenis ini memiliki dua bagian, yaitu silinder bagian dalam dan tabung yang terdapat pada bagian luar. Damper case dari shockbreaker ini terletak di bagian bawah shockbreaker. Jenis ini sangat cocok digunakan pada motor bergaya sporty. Shockbreaker ini memiliki double tube yang akan membuat berkendara semakin nyaman.

  • Shockbreaker with Reservoir

Shockbreaker jenis ini memiliki sistem kerja yang lebih stabil dan kapasitas volume olinya lebih banyak. Hal tersebut akan membuat motormu menjadi lebih stabil karena tekanan yang terjadi pada saat melewati jalanan terjal telah disesuaikan agar kendaraan dapat tetap nyaman.

  • Shockbreaker Tunggal

Shockbreaker jenis ini hanya memiliki satu shockbreaker sesuai dengan namanya. Tampilannya lebih simple dan sangat baik digunakan untuk menempuh perjalanan yang jauh. Dengan tampilan yang lebih simple membuat shockbreaker ini lebih praktis dan nyaman untuk digunakan.

Yuk, Cari Tahu Tentang Bagian-Bagian Shockbreaker Beat

Shockbreaker adalah salah komponen yang menunjang kenyamanan motormu. Tapi tahukah kamu jika shockbreaker tidak berdiri sendiri, di dalamnya memiliki beberapa komponen yang harus kamu ketahui dan kamu kenali dengan seksama agar kamu dapat mengidentifikasi kerusakan yang terjadi pada shockbreaker Beat milikmu. Berikut ini adalah bagian-bagian shockbreaker Beat yang wajib kamu ketahui.

  1. Seal Oli

Shockbreaker menggunakan oli sebagai pelumasnya. Seal oli berfungsi sebagai penjaga agar oli yang digunakan sebagai pelumas shockbreaker tidak keluar atau merembes dari slider garpu. Seal oli yang merembes akan membuat slider garpu menjadi kering.

  • Tabung Garpu

Tabung garpu berfungsi sebagai sekat antara slider garpu dan ruang yang terdapat di dalam tabung garpu. Hal ini hanya bisa ditemukan pada shockbreaker yang memiliki dua tabung atau double tube.

  • Slider Garpu

Slider garpu adalah rumah atau casing dari shockbreaker, slider garpu juga dikenal sebagai penampung pelumas atau oli shockbreaker.

  • Torak Garpu

Torak garpu adalah pembagi antara torak garpu bagian atas dengan bagian bawah. Tujuannya adalah oli yang terdapat di garpu bawah naik ke atas. Hal tersebut terjadi dikarenakan untuk menstabilkan sistem kerja shockbreaker dan sebagai peredam antara pegas reaksi dengan pegas garpu.

  • Pegas Garpu

Pegas garpu berfungsi sebagai alat peredam kejutan ketika motormu melewati jalanan yang terjal. Pegas garpu bekerja dengan menahan torak garpu yang naik ke atas agar tidak menimbulkan kejutan atau pantulan pada motormu saat berada di jalanan yang terjal.

  • Cincin Stopper

Cincin stopper berfungsi untuk menahan agar oli atau pelumas tidak naik ke atas  yang diakibatkan oleh adanya kejutan atau pantulan yang terjadi ketika melewati jalanan yang terjal dan berbatu.

Mengetahui bagian-bagian shockbreaker adalah hal yang sangat penting. Dengan mengetahui bagian-bagiannya kamu akan lebih mudah merawat shockbreaker kendaraanmu. Pengetahuan macam-macam shockbreaker juga akan memudahkanmu memilih jenis yang tepat untuk kamu gunakan. Bingung memilih shockbreaker?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *