Categories
Tips Perawatan

Cara Berkendara yang Aman pada Saat Hujan dengan Motor Gesits

Motor listrik menggunakan tenaga listrik sebagai sumber dayanya. Listrik tersebut akan disimpan pada baterai agar dapat tetap hidup meskipun sedang tidak terhubung ke aliran listrik. Tentu saja listrik sangat rentan terhadap air, jika terkena air bisa menimbulkan korsleting dan ketika disentuh dapat membuat yang menyentuhnya tersetrum. Nah, tetapi motor listrik Gesits telah dirancang sedemikian rupa agar tahan terhadap air dan tetap aman digunakan pada saat hujan atau gerimis. Cara berkendara aman saat hujan dengan motor Gesits.

Motor listrik Gesits memang telah didesain agar tahan air, tetapi itu bukan berarti kamu bisa sembarangan mengendarai saat sedang turun hujan. Kamu harus tetap berhati-hati agar kamu dan motormu tetap aman. Pada saat turun hujan pastikan lampu motormu menyala dengan terang karena mengingat motor Gesits memiliki bunyi yang sangat halus. Dengan menyalakan lampu akan memberikan tanda bahwa ada kendaraan lain yang melaju.

Cara lain yang bisa kamu lakukan ketika sedang hujan deras adalah menghindari genangan air, genangan air dikhawatirkan dapat memercikkan air ke bagian-bagian vital motor. Jadi hindari genangan air atau lewati dengan perlahan-lahan supaya air tidak masuk ke bagian motormu dan kamu tetap aman karena pada saat hujan banyak batu dan jalanan menjadi licin. Hal lain yang mesti kamu pastikan saat berkendara di tengah hujan adalah mengecek tekanan angin pada ban motormu. Pastikan tekanan angin pada ban mu normal dan kondisi ban mu dalam keadaan yang baik. Ketika hujan di jalanan yang tergenang air bisa saja terdapat paku atau batu tajam yang akan merusak ban motormu.

Tips Aman Berkendara dengan Motor Listrik Gesits

  1. Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak

Mengendarai motor sangat dilarang membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas, baik itu motor konvensional maupun motor listrik. Kapasitas normal ketika mengendarai kendaraan bermotor adalah dua penumpang dan barang bawaan yang wajar, seperti tas atau bawaan yang cukup untuk disimpan di bagasi. Selain membawa barang bawaan menyebabkan ketidakseimbangan pada motor saat dikendarai juga dapat mengakibatkan kecelakaan.

  • Pastikan Daya Baterai Terisi Penuh

Menggunakan motor listrik sebagai alat transportasi harus memastikan ketersediaan baterai. Pastikan baterai motormu terisi dengan penuh sebelum menempuh perjalanan. Baterai yang terisi dengan penuh akan membuatmu lebih mudah dan aman ketika berkendara. Selain itu, baterai yang penuh akan membuat perjalananmu menjadi lebih lancar.

  • Perlengkapan Berkendara

Menggunakan kendaraan bermotor harus menggunakan safety riding yang lengkap. Kamu harus menggunakan helm, sarung tangan, jaket dan sepatu. Selain itu, pastikan kamu menggunakan baju yang panjang yang dapat menutup kulit agar tidak masuk angin dan tetap nyaman ketika berkendara.

  • Posisi Berkendara Benar

Pastikan posisi berkendara yang kamu lakukan agar perjalananmu tetap nyaman. Posisi berkendara yang benar adalah duduk dengan tegap dan memegang handle dengan tangan yang lurus ke depan. Selain itu, pandangan juga harus fokus ke depan agar kamu dapat mengetahui yang terjadi di depanmu.

  • Istirahat yang Cukup

Berkendara dengan motor membutuhkan tenaga yang lebih, maka dari itu kamu harus beristirahat yang cukup agar staminamu stabil pada saat berkendara dengan motor. Stamina yang fit akan membuatmu lebih fokus ketika berkendara.

Mengendarai motor listrik Gesits membutuhkan pengetahuan dasar seputar hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Kesalahan dalam mengendarai motor listrik dapat merugikan banyak pihak dan tentunya sangat berbahaya bagi keselamatanmu sendiri. Jadi, ketika berkendara selalu pastikan kelengkapan dan keamanan motormu dan jangan lupa jangan stamina tubuhmu agar tetap fit. Cara berkendara aman saat hujan dengan motor Gesits.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *