Categories
Spare Part

Cara Membedakan Rantai Motor yang Masih Bagus dan yang Sudah Berkarat

Salah satu bagian motor yang wajib kamu perkisa kondisinya secara berkala adalah rantai motor. Ketika kebanyakan orang rutin memeriksa oli, rem, hingga knalpot motor, rantai motor nyatanya bisa memberikan efek yang membahayakan bila sampai berkarat. Bisa-bisa rantai berkarat putus di tengah jalan dan akhirnya motor kesayangan harus diangkut ke bengkel karena tidak bisa bergerak. Iya, rantai putus membuat motormu diam di tempat dan akan sangat berbahaya jika kamu sedang berada di tengah jalanan yang sedang ramai. Oleh karena itu pastikan untuk selalu melakukan pengecekan pada kondisi rantai motor. Kabar baiknya, kamu tak harus selalu pergi ke bengkel hanya untuk memeriksa rantai motormu. Kamu juga bisa kok, memeriksanya sendiri di rumah dengan cara berikut & cara membedakan nya: 

Terlihat kerak berwarna tembaga pada rantai 

Rantai yang masih bagus akan memiliki warna silver atau kehitaman karena terkena minyak rantai. Yang tidak wajar adalah ketika kamu melihat noda atau kerak berwarna tembaga di mata rantai motormu karena bisa jadi itu adalah karat yang selama ini kamu takutkan. Memang ketika baru muncul, karat tidak akan menyerang seluruh mata rantai. Namun bila kamu biarkan begitu saja tanpa membersihkan atau menggantinya, karat itu perlahan akan menyebar dan membuat rantai terkorosi. Akibatnya, rantai jadi rapuh dan jangan kaget bila tiba-tiba putus saat kamu gunakan. Serem, ya. 

Suara berderak pada motor 

Nah, selain bisa dilihat dengan mata, ternyata indikasi lainnya yang menunjukkan bahwa rantai motormu sudah berkarat adalah ketika terdengar suara berderak yang mengganggu dari motor. Motor dengan kondisi rantai yang bagus tidak akan menghasilkan bunyi apapun yang mengganggu karena bisa bekerja dengan baik tanpa hambatan. Tapi jika mulai terdengar bunyi aneh terutama ketika kamu memacu motor dengan kecepatan tinggi, tandanya kamu harus segera memeriksa kondisi rantai motor. Pastikan kamu tidak menunda pengecekan ini supaya bisa segera membawanya ke bengkel jika diperlukan. 

Motor bergetar saat dipacu 

Ini merupakan indikasi yang paling mengkhawatirkan dari rantai yang sudah berkarat dan minta diganti. Jika sebelumnya kamu hanya melihat kerak karat dan mendengar suara berderik pada motor, kendaraan roda duamu ini bisa bergetar saat kamu kendarai ketika kondisi rantainya sudah parah. Mungkin kamu akan mengabaikannya ketika menaiki motor di sekitar rumah ketika kamu berjalan perlahan. Tapi nanti saat kamu memacu kendaraan, getaran ini akan semakin terasa dan sebaiknya kamu tidak mengabaikannya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, resiko bila kamu tak segera mengganti rantai motor yang berkarat bisa membahayakan kamu dan pengguna jalan lainnya.  

Pertanyaannya adalah, jika rantai motor sudah berkarat begini apa yang harus kamu lakukan? Dalam taraf ringan, karat bisa dikurangi dengan cairan pembersih rantai yang bisa kamu temui dengan mudah di pasaran. Kamu hanya tinggal mengikuti instruksi yang ada di kemasan agar rantai bisa digunakan sedikit lebih lama. Namun, bila karat sudah sangat merusak kondisi rantai tidak ada cara lain yang bisa kamu lakukan selain menggantinya dengan yang baru. Pastikan kamu membeli rantai motor orisinil sesuai dengan merek motor agar kualitasnya terjamin dan memiliki daya tahan penggunaan yang baik. Pada akhirnya tak masalah mengeluarkan uang lebih untuk merawat kendaraan roda dua sedemikian rupa demi keamanan berkendara saat di jalan. Kamu sepakat? Semoga cara membedakan rantai ini bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *