Categories
Spare Part

Cara Membedakan Sparepart Yamaha yang Asli dan Palsu dengan Mudah

Sparepart Yamaha memang mudah dicari. Sparepart ini memiliki banyak pengguna. Hal ini karena sparepart Yamaha memiliki kualitas yang baik dan berbeda dengan merek-merek lain. Namun, akhir-akhir ini masyarakat dibuat resah dengan banyaknya beredar sparepart yang imitasi atau palsu. Mereka dibuat bingung dengan sparepart Aspal ini atau bisa dipahami asli atau palsu. Alih-alih mengganti sparepart ingin membuat kendaraan bisa awet dan tidak mudah rusak, namun malah kamu keliru pilih yang palsu. Hal seperti ini pasti akan sangat merugikan baik itu kamu pemilik kendaraan dan juga perusahaan aslinya. Begini cara membedakan sparepart Yamaha yang asli dan palsu.

Padahal pihak perusahaan atau pabrik yang mengeluarkannya pun juga sudah menjaga kualitasnya. Akan tetapi, masih ada aja oknum yang nekad untuk berusaha membuat produk imitasi dan dijual dengan harga sangat murah. Hal ini bertujuan untuk meraup keuntungan sebanyak mungkin. Kemudian, tingkat kemiripan dari sparepart yang asli dan palsu itu hampir sembilan puluh persen sama. Pasti hal ini akan membuatmu bingung. Lalu, salah satu sparepart yang kerap kali dipalsukan adalah sparepart Yamaha. Maka dari itu, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai cara membedakan sparepart Yamaha yang asli atau palsu.

Cara Membedakan Sparepart Yamaha Asli dan Palsu

Untuk mengetahui cara lebih jelasnya mari simak penjelasan berikut ini:

  • Lihat keterangan barang pada kemasan sparepartnya

Saat kamu ingin membeli sparepart, maka untuk mengetahui asli atau tidaknya perhatikan keterangan yang ada pada kemasannya. Sparepart yang asli memiliki keterangan berupa kode jual atas jenis kendaraan yang kamu gunakan. Keterangan tersebut berupa bahasa inggris. Jadi, jika kamu menemukan yang bahasa Indonesia maka dapat dipastikan jika sparepart tersebut palsu.

Kode tersebut biasanya berupa angka dan huruf yang merupakan keterangan lengkap dari kendaraan misalnya pada sparepart kampas kopling motor Jupiter MX tahun 2010 akan diberikan kode (26S). Namun, jika pada sparepart yang palsu, bukan kode yang dicantumkan melainkan nama kendaraan yang menggunakan sparepart tersebut. Bahkan ada juga sparepart yang sama sekali tidak memiliki keterangan atau kode dalam kemasannya. Itu sudah dapat dipastikan bahwa sparepart tersebut palsu.

  • Perhatikan penulisan “Diedarkan Oleh”

Pada sparepart yang asli tulisan “Diedarkan Oleh” itu berada persis diantara keterangan barang dan pengedar langsung. Hal ini berbeda jika pada sparepart palsu. Pada sparepart palsu tulisan “Diedarkan Oleh” ditulis jauh di bawah yang berada pas diatas pengedar sparepart. Sedangkan jarak dari keterangan barang sangat jauh.

  • Penulisan pada jumlah unit barang

Hal yang sangat mencolok perbedaan dalam hal tulisan antara sparepart yang asli dan palsu ada pada penulisan jumlah unit barang. Jumlah uni barang misal “1 PC” pada sparepart asli itu ditulis dengan ada spasi antara angka 1 dan PC. Lalu, jika pada sparepart palsu tulisan tersebut ditambah “S” jadi “1PCS”. Kemudian, tulisan tersebut tidak di spasi antara angka dan hurufnya. Tulisannya pun juga dicetak tidak terlalu tebal seperti yang asli.

  • Lihat garis yang berada dibawah keterangan pengedar

Satu cara lagi yang mudah untuk membedakan sparepart aspal adalah garis yang ada dibawah keterangan pengedar. Pada kemasan sparepart yang asli garis tersebut dicetak lebih tipis dan lebih ke garis yang putus-putus. Namun, jika pada sparepart palsu garis pada kemasan tersebut dicetak tebal dan garisnya itu utuh tidak putus-putus.

Demikian, penjelasan dari artikel ini mengenai cara untuk membedakan sparepart Yamaha yang asli atau palsu. Semoga dengan tulisan ini bisa menambah wawasan kamu mengenai keaslian dari sparepart kendaraan khususnya sparepart Yamaha. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *