Categories
Daftar Harga Motor Bekas

Cara Memilih Oli Motor Yang Cocok Buat Motor Kamu

Penggunaan oli sebagai pelumas kendaraan yang berfungsi agar mesin tetap awet sehingga berumur panjang. Bagi kamu pemilik motor, tentu penggunaan oli ini sudah menjadi salah satu perawatan yang tepat untuk mesin motormu. Tentunya dengan memilih oli yang tepat dan cocok untuk motor, akan mengoptimalkan kinerja dari mesin. Banyak orang yang merasa kesulitan ketika menemukan oli motor terbaik untuk kendaraannya. Hal ini dikarenakan banyaknya pilihan oli, mulai dari harga paling murah hingga paling mahal. Namun, kamu harus memastikan bagaimana kualitasnya dan memenuhi kualifikasi untuk motor kamu sebelum melakukan ganti oli. Tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih oli motor yang cocok untuk motormu. Mari simak ulasannya. 

1. Cermati Tingkat Kekentalan Oli  

Sebelum kamu melakukan ganti oli, pastikan tingkat kekentalan dari oli yang kamu pilih memiliki tingkat kekentalan yang sama dengan oli sebelumnya. Tingkat kekentalan ini biasanya ditunjukkan pada kemasan oli, contohnya 10W-40. Jika kamu ingin menggunakan oli yang multigrade, maka pilihlah kode seri angka belakang yang sama. Semisal jika kamu menggunakan 10W-40, maka kamu bisa menggantinya dengan 5W-40 atau 20W-40. Nomor seri di bagian depan tidak akan mempengaruhi karena biasanya ditujukan untuk negara-negara dengan musim dingin. Namun, jika kendaraan kamu sudah diatas 5 tahun, maka sebaiknya menggunakan oli yang lebih kental. Karena biasanya komponen motor sudah mulai renggang. 

2. Perhatikan Kode Mutu Oli 

Hal ini penting loh untuk keawetan mesin motor kamu, karena kode mutu berkaitan dengan bahan adiktif yang digunakan. Bahan tersebut yang harus disesuaikan dengan teknologi motor. Contohnya ketika oli motor bawaan kamu menggunakan kode SE, maka sebaiknya pilihlah kode yang sama. Jika kamu ingin menaikkan mutu sangat diperbolehkan, namun jangan sampai menggunakan kode mutu dibawahnya. Jika kamu menggunakan kode yang lebih rendah, maka oli yang dipilih akan membuat kerusakan pada motor. 

3. Menggunakan Standar JASO Untuk Motor Kopling 

JASO atau Japan Automobile Standard Organization adalah standar untuk motor kopling. Biasanya, penggunaan JASO MA digunakan untuk motor dengan gaya gesek tinggi contohnya kopling basah. Terdapat pada jenis motor club ata sport. Sedangkan untuk gaya gesek rendah atau kopling kering bisa menggunakan JASO MB. Dimana gaya gesek tersebut biasanya terdapat pada motor matic atau skuter. 

4. Penggunaan Oli Sesuai Jenis  

Jika kamu memiliki motor tua dimana tahun produksinya sudah sangat lama, maka penggunaan oli mineral sangat cocok karena komponen motor yang sudah renggang. Karena motor tersebut membutuhkan pelumas yang ekstra. Adapun untuk motor dengan keluaran terbaru, kamu bias menggunakan oli semi sintetik. Namun jika kamu menggunakan motor balap, maka oli sintetik akan sangat cocok untuk performa mesin yang lebih handal.  

Beberapa cara dalam memilih oli motor tersebut dapat menjadi informasi yang penting untuk kamu. Tetapi yang lebih penting, kamu harus memastikan keaslian dari oli. Karena saat ini banyak sekali beredar oli motor palsu yang akan merusak mesin. Oleh sebab itu, kamu bisa membelinya pada toko yang terpercaya dimana memiliki reputasi yang baik. Atau kamu juga bisa membelinya di service jaringan resmi dari beberapa brand ternama seperti AHASS, Service Motor Yamaha dan lain sebagainya untuk mendapatkan oli yang berkualitas dan asli. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *