Categories
Tips Perawatan

Cara Mengendarai Motor Vespa Dengan Baik dan Benar

Motor Vespa yang memiliki desain klasik dengan cara pengoperasian cukup unik dibandingkan motor-motor lainnya. Adapun motor 2 tak yang dimiliki Vespa, tentu kamu tidak dapat menemukan persenelingnya di bagian kaki, namun bagian tersebut terdapat pada stang bagian kiri. Selain itu, terdapat pula tuas kopling pada setang di bagian kiri. Jika kamu belum terbiasa, tentu akan kagok ketika pertama kali mengemudikan motor yang satu ini. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu sistem perseneling dari motor ini sebelum mengemudikannya. Sama seperti motor bebek, persneling Vespa memiliki 4 kecepatan. Cara mengoper gigi, kamu bisa menarik kopling lalu memutar perseneling di bagian setang kiri. Adapun urutan perseneling Vespa adalah dimulai dari gigi satu, netral, dua, tiga, dan juga empat. Maka dari itu, kamu harus mengingatnya karena tidak terdapat indikator seperti motor bebek saat ini. Berikut cara mengendarai motor vespanya.

Setelah kamu memahami cara kerja persneling motor Vespa, barulah kamu bisa mencoba untuk belajar mengendarainya. Berikut ini cara yang baik dan benar dalam mengendarai motor Vespa. Mari simak ulasannya berikut ini yuk.

  1. Nyalakan mesin dengan cara menarik standar dua motor, lalu mulai menghidupkannya menggunakan kick starter yang terdapat di bagian sebelah kanan belakang motor. Ini merupakan cara satu-satunya untuk menyalakan mesin motor karena tidak terdapat starter engine seperti pada motor modern jaman sekarang. Tentunya jangan lupa untuk memutar kunci ke arah on terlebih dahulu ya. Pastikan posisi perseneling netral, agar tidak lompat.
  2. Selanjutnya setelah mesin sudah menyala, tarik tuas kopling dan memasukkan gigi ke perseneling satu untuk kecepatan awal. Kamu bisa melakukannya dengan memutar stang ke arah depan. Secara bersamaan, tarik gas dan lepaskan kopling secara perlahan. Jika kamu melepaskan kopling begitu saja, biasanya mesin motor akan mati dengan otomatis. Maka dari itu, kamu harus bisa merasakan antara keseimbangan gas dan juga kopling motor.
  3. Ketika motor sudah mulai berjalan dan kamu ingin menambah kecepatan, kamu bisa kembali menarik tuas kopling lalu memutar persneling dua kali ke belakang hingga menuju angka 2. Setelahnya kamu bisa melepaskan kopling secara perlahan. Tidak perlu khawatir mesin akan mati, karena hal tersebut hanya terjadi pada awal sebelum motor berjalan.
  4. Jika kamu ingin mengoper ke gigi lainnya seperti 3 dan 4, maka kamu bisa melakukan hal yang sama seperti halnya memasukkan persneling 1 dan juga 2. Ketika ingin mengurangi kecepatan, kamu juga bisa loh melakukan hal yang sama namun perhatikan posisi perseneling karena bagian netral berada di tengah gigi. Sehingga berhati-hatilah dan tetap mengingat bagian perseneling.
  5. Lakukanlah pembiasaan mengendarai motor agar kamu semakin lancar untuk menaklukkan motor Vespa kesayangan kamu. Ketika kamu sudah terbiasa, maka akan dengan mudah kamu berkeliling kota di atas motor dan menikmati keramaian suasana sore hari menyusuri jalanan.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara mengendarai motor Vespa yang menjadi kebanggan banyak orang ini? Untuk sebagian orang, sistem kopling Vespa dan juga perseneling yang ada di bagian setang sangat memusingkan dan juga menyusahkan. Karena harus menekan tuas motor sembari mengoper gigi. Tetapi kamu harus terus belajar hingga lancar dan terbiasa. Meskipun cukup sulit bagi kamu, tetapi akan terasa sangat mudah ketika memiliki kemauan untuk bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *