Categories
Tips Perawatan

Cek Honda PCX Selesai Touring, Ya!

Beberapa darimu mungkin ada yang menyukai aktivitas menjelajahi tempat tertentu, mulai backpacking hingga touring. Berbeda dengan backpacking yang lebih umum menggunakan kaki dan mencari ongkos seminimal mungkin, touring memerlukan sepeda motor yang bisa digunakan untuk jarak berpuluh bahkan beratus kilometer. Biasanya, motor yang digunakan untuk touring adalah motor besar dengan bagasi yang juga lebar. Tidak hanya itu, daya tahannya pun termasuk tinggi dan ditandai oleh ban tubles. Nah, salah satu motor yang bisa diandalkan adalah Honda PCXSebelum menggunakan PCX untuk touring, kamu perlu mengeceknya agar tetap aman di jalanan. Sesudahnya pun seharusnya perlu dicek agar kondisi motor tetap prima dan tetap tangguh untuk kegiatan sehari-hari. Setelah touring, beberapa komponennya berikut wajib dicek, ya. Yuk cek honda PCX kamu secara berkala.

  1. Ganti Oli Mesin  

Oli adalah bagian motor yang memang perlu untuk diganti dengan rutin. Biasanya, oli motor perlu diganti setelah kamu berhasil menempuh jarak sekitar 1500 hingga 2000 kilometer. Hanya saja, ketika menempuh jarak ratusan kilo sekaligus, oli menjadi lebih mudah encer karena bekerja secara terus menerus. Untuk itu, ahli mekanik menyarankan untuk langsung mengganti oli setelah selesai touring agar kondisi mesin tetap prima, ya. 

  1. Periksa Sistem Pengereman 

Sistem pengereman dari Honda PCX ini termasuk dalam salah satu sistem pengereman terbaik karena sudah menggunakan ABS. Bahkan, dalam Honda PCX varian ABS 150, sistem pengereman ABS sudah disematkan dalam roda depan dan belakang. Sistem pengereman yang dipakai dalam perjalanan jarak jauh ini biasanya akan mudah aus. Untuk itu, selalu periksa sistem pengereman ketika selesai touring apalagi kalau kamu banyak melewati jalanan yang terjal. Selain kondisi remnya, periksa juga bagian piringan cakram dan tromolnya, ya. 

  1. Kencangkan Sistem Rantai dan V-belt-nya 

Sama halnya dengan rantai pada sepeda, rantai motor tidak akan berhenti ketika digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Semakin sering dipakai, rantai juga semakin mudah putus karena mengendur atau aus. Untuk itu, sebelum putus sudah seharusnya bagian rantai serta v-belt diperiksa. V belt adalah tali kipas pada CVt. Selain memeriksa kedua bagian tersebut, jangan lupa untuk memeriksa bagian roller. Bila perlu lumasi kembali dengan oli, ya. 

  1. Suspensi, Bagian Penting yang Tidak Boleh Dilewatkan 

Ketika berkendara jarak jauh, tentu kamu butuh membawa barang dalam jumlah banyak. Kalau bawaan motor banyak serta melewati jalanan rusak, maka itu akan sangat berpengaruh pada per atau suspensinya. Untuk itu, bagian suspensi motor adalah bagian yang tidak kalah penting untuk diperiksa karena ketika tabung suspensi rusak, seal bisa terpengaruh dan oli pun bisa bocor. 

  1. Periksa Bahkan Ganti Ban Bila Perlu 

Ban tubles memang termasuk ban yang tahan banting. Meskipun demikian, perlulah kiranya untuk memeriksanya setelah berjalan dalam jarak yang jauh. Kalau ban sudah menipis, daya cengkramnya bisa berkurang sehingga membahayakan penggunanya. Untuk itu, segera ganti ban apabila bagian permukaannya memang sudah tipis, ya. 

Memeriksa keadaan kendaraan sebelum dan sesudah touring itu sangat penting karena motor melewati jarak puluhan bahkan ratusan kilometer ketika sedang touring. Memastikan kendaraan dalam kondisi prima artinya juga memastikan keselamatanmu. Beruntunglah kalau kamu memilih Honda PCX untuk touring karena motor tersebut adalah salah satu jenis motor terbaik untuk touring dengan bagasinya yang lebar. Tetap rawat motor tersebut agar kondisinya prima, ya. Yuk cek honda PCX kamu secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *