Categories
Tips Perawatan

Faktor Usia Aki Kering Motor Terhadap Performa

Motor adalah salah satu kendaraan yang saat ini sudah hampir dimiliki setiap rumah. Bahkan dalam satu rumah kadang ada lebih dari 1 motor, bukan untuk kendaraan anggota keluarga namun untuk koleksi. Motor sendiri ada berbagai macam model mulai dari motor dengan gigi masukan hingga motor matic. Nah, salah satu komponen penting dalam sepeda motor adalah aki salah satunya adalah aki kering motor. Faktor usia aki kering terhadap performa motor.

Untuk motor matic khususnya, saat ini sudah banyak yang menggunakan starter elektrik dimana sudah pasti menggunakan aki sebagai sumber energinya. Berbagai perangkat elektrik juga sudah disematkan pada motor-motor keluaran saat ini sehingga penggunaan aki yang awet dan kuat menjadi pilihannya. Dengan banyaknya yang bergantung ada aki, kamu pun harus memperhatikan beberapa hal yang berpengaruh pada usia aki kamu seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Hal-hal yang Mempengaruhi Usia Aki Kering Motor

  1. Penanganan aki saat pertama diaktifkan

Pemasangan aki pertama kali ternyata mampu menentukan seberapa lama masa aktifnya. Terdapat aki yang harus diisi dulu dengan cairan elektrolit sebelum dipasang, nah kelemahannya jika pengisiannya kurang atau cairannya tumpah atau bahkan akinya salah ukuran maka akan berpengaruh pada usia aki. Jika kamu ingin lebih mudah dan tak khawatir cairannya tumpah, aki kering adalah pilihan yang tepat. Karena perawatannya mudah dan kamu pun tak perlu mengeceknya terlalu sering. Aki kering juga lebih cepat pemasangannya karena tak perlu diisi cairan aki terlebih dahulu jadi bisa langsung dipasang.

  1. Pemilihan tipe aki

Kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan penggantian aki adalah menyerahkan seluruhnya kepada bengkelnya. Sebaiknya kamu tidak melakukan hal ini karena setidaknya kamu harus memilih akinya sendiri yang sesuai dengan kebutuhan motor kamu agar motor tidak dipasang aki sembarangan. Kamu bisa mengetahui jenis aki apa yang cocok untuk motor kamu dari buku panduan pemilik kendaraan atau buku manual.

  1. Perawatan aki selama pemakaian

Jika berbicara tentang aki sebenarnya hal ini berbanding lurus dengan perawatan yang kamu lakukan saat masih dipakai. Sesering apa kamu melakukan perawatan ke bengkel ini mempengaruhi umur aki.

  1. Menggunakan perangkat elektronik berlebihan

Saat ini sudah banyak motor yang memberikan fungsi tambahan dimana kamu pun bisa mengisi daya smartphone kamu dan juga bisa menambah sound system. Hal ini sebenarnya berdampak buruk untuk aki motor karena bisa menyebabkan konsumsi listrik naik dan aki tak pernah terisi sampai penuh serta membuat sel-sel aki rontok dan tidak bisa menyimpan listrik lagi.

  1. Cara pemakaian sepeda motor

Aki memiliki siklus charge dan discharge dimana siklus ini terpengaruh dari bagaimana kamu memakai sepeda motor. Saat motor distarter menggunakan starter elektrik, maka akan membuat listrik dari aki berkurang (discharge) dan lamanya penggunaan sepeda motor akan membuat aki terisi listrik kembali (charge).

Sebaiknya, charge dan discharge dilakukan lebih sering pada aki. Nah, buat kamu yang hanya menggunakan sepeda motor sesekali saja dan dalam jarak yang dekat, sebenarnya hal ini akan membuat pengisian aki menjadi tidak optimal sehingga bisa berdampak buruk seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang aki kering motor dan bagaimana cara merawatnya agar aki motor kamu bisa berumur panjang. Mulai sekarang, rawat aki motor dengan baik agar kamu juga bisa menghemat lebih banyak uang. Faktor usia aki kering terhadap performa motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *