Categories
Spare Part

Footstep Motor & Berbagai Fungsi Yang Dianggap Remeh

Setiap kendaraan tentu dilengkapi dengan berbagai macam komponen di dalamnya. Di mana setiap komponen yang ada di motor memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Footstep menjadi salah satu komponen motor yang seringkali dianggap remeh. Bentuknya yang kecil sering luput dari perhatian pemiliknya. Padahal, komponen yang satu ini memiliki fungsi yang sangatlah penting. Khususnya bagi kamu yang sering bepergian dengan membonceng teman, keluarga, atau bahkan gebetan. Biar kamu lebih perhatian dengan komponen yang satu ini, yuk cari tahu apa saja fungsi dari footstep motor ini.

  1. Dudukan Telapak Kaki

Fungsi utama dari footstep motor yakni sebagai dudukan atau pijakan kaki saat mengendarai motor. Dengan adanya footstep, baik pengemudi maupun penumpang bisa merasa nyaman saat bepergian. Bahkan, bepergian dengan jarak yang cukup jauh pun akan terasa nyaman dan nggak terlalu melelahkan. Bayangkan, tanpa adanya footstep motor ini, kamu sebagai penumpang motor akan merasa sangat tak nyaman jika harus bepergian dengan jarak terlalu jauh.

Umumnya, footstep motor akan dilapisi dengan lapisan berbahan karet. Di mana lapisan ini akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengemudi maupun penumpang. Selain lebih empuk, footstep motor berlapis karet ini juga nggak akan membuat pengemudi mudah kepleset. Sekalipun mereka berkendara saat hujan turun.

Pentingnya fungsi yang satu ini membuat kamu perlu memperhatikan keberadaan footstep motor. Jika footstep dalam kondisi yang rusak atau sudah tak lagi kencang, sebaiknya kamu segera memperbaiki footstep tersebut. Sebaliknya, jika footstep benar-benar sudah tak bisa lagi diperbaiki, akan lebih baik jika kamu membeli footstep yang baru dan memasangnya sesegera mungkin.

  1. Menjaga Keseimbangan Motor

Selain memiliki fungsi sebagai dudukan atau pijakan motor, ada satu lagi fungsi footstep yang sangatlah penting, yakni dapat menjaga keseimbangan pengemudi saat menaiki motor. Percaya nggak percaya, pijakan kecil ini dapat meningkatkan performa motor dan membuatnya lebih stabil. Khususnya bagi motor bebek yang memang dilengkapi dengan footstep di bagian depan dan belakang.

Apabila kondisi karet footstep dalam kondisi yang mulai rusak atau cacat, hal ini tak hanya mengurangi kenyamanan, namun juga mengganggu keseimbangan para pengendara. Sebagai contoh, saat footstep dalam kondisi sobek, hal ini hanya akan membuat pengemudi mudah terpeleset saat harus mengerem secara mendadak.

Jika kondisi terpeleset ini fatal, bukan nggak mungkin akan membahayakan kamu beserta pengemudi lainnya. Untuk menjaga keseimbangan kamu tetap terjaga selama berkendara, pastikan kamu selalu mengganti footstep yang sudah rusak atau cacat. Dengan begitu, keseimbangan kamu bisa tetap terjaga dengan baik.

Berdasarkan fungsi yang telah disebutkan di atas, nggak heran jika footstep akan kamu temukan di setiap tipe dan merk sepeda motor. Jika kamu merasa footstep yang dimiliki terasa membosankan dan monoton, kamu bisa melakukan modifikasi pada komponen motor yang satu ini. Cara modifikasinya pun sangat mudah, kamu hanya perlu membeli footstep baru yang ada di bengkel maupun di e-commerce.

Setelah mendapatkan bentuk dan warna footstep yang diinginkan, kamu pun bisa langsung melakukan modifikasi. Proses modifikasi bisa kamu lakukan sendiri di rumah karena tak terlalu sulit. Namun, jika kamu tak memiliki banyak waktu luang atau bahkan kesulitan dalam memasang footstep yang baru, nggak ada salahnya jika kamu meminta bantuan dari ahlinya. Hanya saja, tentu kamu perlu mengeluarkan bujet tambahan untuk hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *