Categories
Spare Part

Jangan Langsung Beli Harga Vanbelt Beat Mahal, Ketahui Tanda Waktu Penggantiannya

Vanbelt merupakan bagian penting pada motor dimana berfungsi sebagai penghubung roda dengan mesin motor. Bagi kamu pengendara motor matik, salah satunya Beat tentu sudah tidak asing bukan dengan komponen yang satu ini. Karena fungsinya, maka tidak heran jika harga vanbelt Beat cukup mahal. Motor matik memang mengandalkan bagian ini agar mampu berakselerasi dengan baik serta gesit menerobos kemacetan ketika sedang berkendara. Ketika terjadi kerusakan pada bagian ini, biasanya akan menimbulkan getaran yang tidak nyaman pada motor. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk mengganti vanbelt, ketahui terlebih dahulu tanda-tanda komponen tersebut harus diganti. Mari simak ulasannya berikut ini. Jangan langsung beli, perhatikan waktu yang tepat.

1. Vanbelt mulai retak

Kondisi ini mampu membuat kinerja vanbelt menjadi berkurang sehingga kamu harus segera menggantinya. Perhatikan lekukan V yang terdapat pada bagian yang bergerigi pada komponen tersebut. Jika terdapat retakan kecil bahkan banyak, maka kamu harus segera mengganti vanbelt motor.

2. Tarikan motor berkurang

Saat kamu mencoba untuk menarik gas motor secara maksimal namun kecepatannya tetap tidak bertambah signifikan, maka hal ini bisa jadi karena kondisi vanbelt yang tidak bagus lagi. Apalagi ketika sedang berada di tanjakan, akan sangat sulit menuju ke atas karena kondisi gas yang tidak sempurna lagi. Maka dapat disimpulkan jika vanbelt memang memiliki fungsi untuk akselerasi motor yang baik, maka dari itu wajib untuk segera menggantinya agar kinerja motor menjadi lebih optimal.

3. Motor telah menempuh kelipatan 15.000 km

Jika berbicara tentang masa pemakaian dari vanbelt, maka jawabannya bergantung kepada pemakaian dari motor tersebut. Sehingga tidak ada patokan rentang waktu yang jelas. Namun beberapa pendapat menyatakan bahwa kondisi vanbelt dapat retak ketika motor telah mencapai perjalanan hingga 15.000 km. Maka dari itu, jika kamu menggunakan motor hampir setiap hari bahkan untuk perjalanan yang jauh sebaiknya selalu lakukan pengecheckan terhadap vanbelt. Jangan sampai komponen ini putus ditengah jalan yang mengakibatkan motor tidak dapat bergerak.

4. Timbul suara berisik dari CVT

Saat kamu mendengar suara yang tidak biasa berasal dari CVT motor, bisa jadi hal tersebut dikarenakan vanbelt yang sudah aus. Hal tersebut dikarenakan retakan pada sudut lekukan vanbelt. Maka segera tanggap ketika terdengar suara yang tidak biasa tersebut. Kamu bisa langsung membongkar CVT agar mengetahui persis kondisi vanbelt sebenarnya.

5. Getaran motor saat digas

Biasanya, suara berisik yang timbul pada CVT disertai dengan getaran motor yang tidak biasa saat penarikan gas. Kamu akan merasakan kejanggalan getaran mesin yang tidak halus dan juga terasa sangat berat. Apalagi jika sedang berada di tanjakan maupun turunan, hal tersebut akan semakin parah. Biasanya getaran ini timbul dari respon gesekan vanbelt yang sudah tidak sempurna lagi akibat kondisi. Oleh sebab itu, wajib untuk kamu segera memeriksa dan mengganti komponen tersebut.

Ulasan mengenai tanda kerusakan yang terjadi pada vanbelt motor Beat tersebut semoga bisa menjadi informasi yang penting untuk kamu. Sebenarnya, tidak hanya vanbelt saja yang harus diperhatikan, namun jangan lupakan pula komponen motor lainnya. Terlebih jika sudah menyangkut dengan kinerja mesin, maka jangan tunggu terlalu lama. Karena jika dibiarkan, masalah sekecil apapun dapat berdampak besar loh. Maka dari itu, lakukanlah kegiatan service rutin untuk menjaga kondisi motor. Jangan langsung beli, perhatikan waktu yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *