Categories
Spare Part

Jangan Tertipu Membeli Shockbreaker Beat Bekas yang Terlihat baru

Mengingat pentingnya peran shockbreaker pada kendaraan yaitu untuk kenyamanan berkendara, maka selalu mengecek kelayakan kondisi komponen ini penting dilakukan. Bila sudah tidak layak pakai maka harus segera diganti. Nah, soal pilih-memilih shockbreaker Beat ini kamu harus ekstra hati-hati. Perlu ketelitian dan pengecekan supaya tidak tertipu pedagang nakal yang menjual barang bekas seperti baru dengan harga tinggi. Jika mengalami hal ini selain kamu mengalami kerugian materi dan yang lebih fatal shockbreaker tidak bisa berfungsi dengan sempurna sehingga membahayakan. Jadi sebelum membeli shockbreaker yang baru ada beberapa hal bisa diperhatikan. Jangan tertipu saat membeli Shockbreaker beat bekas ya.

Melakukan Cek Fisik 

Bagi orang awam, shockbreaker baru dengan yang bekas namun sudah dipoles mungkin terlihat tidak ada bedanya. Terlebih bila barang tersebut sudah dikemas rapi dengan tambahan harga diskon menarik, bukan tidak mungkin kamu bisa tertipu dengan mudah. Jadi kamu sebagai pembeli dituntut untuk lebih jeli.  

  • Pertama bisa kamu perhatikan kondisi seluruh permukaan shockbreaker. Pada produk baru yang belum pernah dipakai, tidak mempunyai titik bekas las. Titik bekas las ini biasanya berada di balik ring penahan seal di bagian bawah. Namun pedagang nakal seringkali juga menghilangkan titik las ini dengan cara digerinda. Jadi baru ketahuan setelah ring pada shockbreaker dibuka.  
  • Berikutnya periksa cat pelapis dari shockbreaker Beat. Cat pada produk baru akan tebal dan sulit terkelupas. Dan misalkan terkelupas pun akan langsung terlihat logam dinding dari shockbreaker. Sedangkan pada produk jadi-jadian begitu cat terkelupas akan terlihat lapisan cat lainnya.  
  • Jangan lupa perhatikan lubang di bawah shockbreaker. Pada shockbreaker bekas akan mempunyai bekas disekitar lubang baut. Nah, untuk menutupinya biasanya dengan cara dilapisi dempul.  
  • Perhatikan juga ulir batang dari shockbreaker. Yang sudah dipoles ulang akan memiliki ujung yang kurang rapi. 
  • Pada produk bekas, cetakan huruf pada tulisan shockbreaker tertutup cat karena sudah dicat ulang. Untuk produk baru, tulisan akan jelas terbaca, stiker menempel sempurna, tidak kusut dan tidak buram. 

Melakukan Cek Non Fisik 

Selain memeriksa kondisi fisik dari shockbreaker Beat, kamu juga perlu mengecek kondisi non fisiknya.  

  • Pertama kamu bisa mengecek kinerja dari shockbreaker dengan cara menarik lalu menekan batang dari shockbreaker. Pastikan jalannya tidak tersendat, sebab jika tersendat maka ada udara di dalamnya yang menunjukkan komponen tersebut sudah pernah dipakai. 
  • Berikutnya bisa mengecek warna batang dari shockbreaker saat ditarik. Jika warna terlihat kebiruan maka itu menandakan sudah ada gesekan pada seal. Shockbreaker yang masih baru warna batangnya tampak mengilat. 

Pertimbangkan Soal Harga  

Seringkali harga murah dan promo memang membuat orang suka lupa sehingga membeli barang tanpa pikir panjang. Namun alangkah baiknya harus hati-hati, jangan mudah tergiur harga yang sangat murah di bawah standar. Sebab kamu patut curiga bisa saja barang tersebut produk bekas yang sudah dipoles. Pastikan membeli di toko atau bengkel resmi untuk amannya. Namun jika lebih suka membeli secara online pilih toko online terpercaya yang mempunyai reputasi baik. Oleh karena semakin maraknya penipuan dalam transaksi online, pastikan juga toko online tersebut memiliki penengah antara pembeli dan penjual yang bertugas menampung dana sementara dari konsumen. Sehingga bila produk yang dibeli ternyata tidak sesuai kesepakatan, maka uang kamu bisa kembali secara utuh. Jadi sebelum membeli shockbreaker Beat harus lebih hati-hati, ya. Jangan tertipu saat membeli Shockbreaker beat bekas ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *