Categories
Daftar Harga Motor Bekas

Ketahui Dulu Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Mencuci Motor

Menjaga kebersihan kendaraan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan menjaga kebersihannya, maka tampilan kendaraan yang kamu gunakan akan memberikan kesan bersih dan juga menarik. Selain itu, berbagai kotoran yang menempel juga bisa hilang, sebab sudah dibersihkan dengan cara yang tepat. Hal yang satu ini tidak terkecuali dengan keberadaan motor sebagai salah satu kendaraan roda 2 yang sudah dimiliki oleh banyak orang. Ketahui beberapa hal yang dilarang yuk.

Nah, bagi kamu yang memiliki kendaraan roda 2 ini, mencuci motor bisa dilakukan sendiri atau dengan menggunakan jasa dari pihak tertentu. Hal yang satu ini tergantung dengan pilihanmu. Kamu bisa memilih untuk mencucinya sendiri atau menggunakan jasa cuci kendaraan roda 2 yang dinilai bisa memberikan hasil memuaskan. Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa ternyata ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada saat mencuci motor. Seperti apa saja itu? Ini dia ulasan lengkapnya.

  1. Mencuci kendaraan roda 2 pada waktu mesinnya masih panas

Ada banyak orang yang memiliki alasan bahwa waktu yang dimiliki tidak banyak, sehingga mereka memilih untuk mencuci kendaraan roda 2 secara langsung, padahal kondisi mesinnya masih panas. Hal yang satu ini sebenarnya tidak boleh dilakukan. Keadaan mesin panas yang langsung terkena air akan menimbulkan kerusakan pada pangkal knalpot dan blok mesin. Hal satu ini akan membuat proses pendinginan paksa yang akan mengakibatkan logam melakukan reaksi secara berlebihan dan menimbulkan keretakan. Selain itu, mesin panas ini juga bisa membuat tangan orang yang mencuci terluka.

  1. Menyemprot bagian rantai menggunakan air bertekanan

Sejumlah orang sering kali menyemprot bagian rantai kendaraan roda 2 dengan menggunakan air bertekanan secara langsung. Padahal, hal yang satu ini bisa membuat pelumas yang melapisi bagian tersebut akan rontok dan mengurangi performanya. Di samping itu, air juga bisa menimbulkan karat dan hal ini dapat mengakibatkan rantai mudah putus. Rantai yang memiliki pelumas dan disemprot bisa membuat minyak rantainya akan terpercik ke baikan lain, misalnya saja seperti bodi kendaraan. Hal ini menimbulkan noda baru yang akan sulit untuk dibersihkan.

  1. Langsung membersihkan bagian bodi kendaraan

Membersihkan bodi kendaraan roda 2 secara langsung ternyata tidak boleh dilakukan. Hal yang satu ini dapat membuat bagian permukaan bodi kendaraan tergores. Sesudah kendaraan ini digunakan, ada sejumlah pasir lembut yang biasanya menempel. Jika bagian bodi langsung dibersihkan, maka hal ini bisa menimbulkan goresan. Jadi, bagian kaki-kaki, ban, pelek, spakbor, dan sebagai bagian bawah kendaraan ini bisa dibersihkan terlebih dahulu. Jika sudah, bodi bagian atas bisa dibersihkan. Penggunaan air bertekanan tinggi bisa membuat pasir halus yang menempel pada bodi kendaraan ini rontok sebelum bagian serupa dibersihkan dengan menggunakan sabun.

Kamu sudah mengetahui berbagai informasi yang ada di atas, bukan? Jadi, pastikan kamu tidak melakukan beberapa hal di atas pada saat mencuci motor. Hal ini bisa kamu terapkan baik pada saat mencuci kendaraan roda 2 milik sendiri maupun orang lain, seperti ketika membuka usaha cuci motor. Dengan menghindari beberapa hal yang ada di atas, maka kamu juga dapat melakukan langkah yang tepat untuk membersihkan kendaraan ini, sekaligus menjaga kualitasnya agar tetap baik. Dengan begitu, pemilik kendaraan ini pun akan merasa senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *