Categories
Tips Perawatan

Ketahui Dulu Yuk Perbedaan 2 Jenis Aki Kering Motor Biasa dan Tipe VRLA Sebelum Kamu Memilihnya

Ada banyak orang yang pada masa kini sudah memakai aki untuk sepeda motor mereka. Nah, kebanyakan orang hanya mengenal adanya 2 jenis aki, yaitu basah dan kering. Sementara itu, sebenarnya aki kering motor memiliki 2 jenis yang bisa kamu ketahui lebih lanjut. Ada jenis biasa dan juga tipe Valve Regulated Lead Acid atau VRLA yang sudah disediakan untuk sepeda motor. Jenis aki kering yang satu ini secara umum merupakan model maintenance free yang ternyata kualitasnya lebih bagus dibandingkan dengan aki kering biasa. Jadi, sudah menjadi sebuah rahasia umum bahwa ada banyak orang yang sudah mulai mengenal dan menggunakan aki ini. Ketahui dulu yuk perbedaannya.

Nah, bagi kamu yang ingin menggunakan aki kering, maka tentukan dulu jenis yang akan digunakan. Kamu bisa memilih jenis biasa atau tipe VRLA yang akan digunakan. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis aki kering tertentu, kamu bisa mengetahui dulu beberapa ciri khususnya. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk mengetahui mana tipe biasa maupun VRLA yang dapat kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan tersendiri. Lalu, apa saja perbedaan atau ciri menonjol yang bisa kamu temukan pada keduanya? Ini dia beberapa perbedaannya.

  1. Tampilan pada wadah aki

Bagi kamu yang akan memilih aki kering biasa atau VRLA, maka perhatikan terlebih dahulu bagian wadahnya. Kamu bisa menemukan tulisan VRLA pada bagian sisi atas wadah aki kering jenis ini. Sebaliknya, pada aki kering biasa kamu tidak akan menemukan tulisan ini. Hal ini menjadi salah satu ciri paling mudah sekaligus perbedaan antara aki kering biasa dan VRLA yang bisa kamu lihat secara langsung.

  1. Ada tidaknya pengisian cairan sebelum pemakaian pertama

Bagi kamu yang mengenal aki kering VRLA, maka secara umum akan mengetahui bahwa produk ini memiliki ciri utama. Ciri utamanya adalah pemakainya tidak perlu mengisi ulang cairan ke dalamnya pada waktu memilikinya dalam keadaan baru. Sementara itu, aki kering biasa masih memerlukan adanya pengisian cairan pada waktu pertama kali dibeli, sebelum digunakan. dengan demikian, aki kering motor biasa pun baru bisa digunakan.

  1. Ketahanan gel pada aki kering

Pada aki kering VRLA, maka tipe gel yang digunakan adalah elektrolit. Hal ini membuat bentuknya kaku dan padat. Selain itu, juga ada katup pengaman atau valve yang akan mengatur penguapan cairannya kembali lagi ke bagian dalam sel aki. Nantinya, cairan ini akan diserap lagi oleh lapisan Absorptive Glass Mat atau AGM maupun lembaran pemisah yang dibuat dari bahan berupa fiberglass. Hal yang satu ini membuat penguapan elektrolit dapat diminimalisir, sehingga lebih aman dari korosi dan kebocoran. Sebaliknya, aki kering biasa tidak memakai tipe gel seperti ini, sehingga akan lebih rawan akan kebocoran dibandingkan dengan tipe VRLA.

Beberapa perbedaan aki kering motor biasa dan VRLA seperti di atas dapat kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan tersendiri sebelum menentukan pilihan. Kamu dapat memilih jenis aki kering yang paling oke untuk memenuhi kebutuhan secara optimal. Dengan demikian kamu pun bisa menentukan pemakaian ini berdasarkan kebutuhan serta sejumlah kriteria lain untuk pemakaian maksimal. Jadi, pastikan kamu mengambil keputusan yang tepat dengan jeli memilih jenisnya berdasarkan beberapa hal di atas. Ketahui dulu yuk perbedaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *