Categories
Spare Part

Komponen Vespa Sprint Ini Butuh Perhatian Lebih, Yuk kenali Tanda-Tanda Kapan Harus Diservis

Jadwal servis rutin adalah hal yang harus selalu kamu ingat kapan waktunya, agar motormu tidak bermasalah. Selain mengingat jadwal servis rutin dengan baik, kamu juga perlu memperhatikan beberapa bagian pada motor Vespamu agar selalu dalam performa terbaiknya. Bagian-bagian yang harus kamu berikan perhatian lebih adalah AKI, VCT dan rem. Mengapa bagian-bagian tersebut memerlukan perhatian lebih? Karena bagian-bagian tersebut menyokong kinerja motor dan sangat rentan. Komponen vespa sprint harus diperhatikan ya.

VCT perlu diberikan perhatian lebih karena VCT adalah transmisi daya yang sangat penting bagi kelangsungan kinerja motor. VCT juga sangat sensitif terhadap kotoran dan debu. Maka dari itu, kamu dituntut untuk selalu rajin menjaga kebersihannya agar performa motormu tidak bermasalah. Masalah yang terjadi pada VCT dapat membuat tarikan gas motormu menjadi lambat terutama ketika melewati tanjakan atau pada saat digunakan berboncengan.  Bagian lain yang harus kamu perhatikan adalah AKI. AKI adalah penyuplai aliran listrik pada motormu. AKI yang mati tidak akan bisa mengaliri listrik ke bagian lampu dan starter kick. Jadi, kamu harus selalu memberikan perawatan khusus pada AKI.

Rem adalah salah satu pengendali pada motor matic dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Rem yang diabaikan perawatannya akan memberi dampak yang fatal pada keamananmu dalam berkendara. Kamu harus rajin memeriksa kondisi kampas rem agar tetap nyaman digunakan. Rem yang selip bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya debu yang menumpuk dan kampas rem yang sudah aus. Kamu bisa mengecek kondisi kampas rem dari stang rem yang mulai kendor.

Tanda-Tanda Vespa Sprint Milikmu Harus Diservis

Servis pada motor lazimnya dilakukan secara berkala dengan jangka waktu tertentu. Tetapi sebelum jadwal servis tiba, kadang muncul tanda-tanda yang mengharuskan kamu untuk segera membawa motormu ke bengkel. Berikut ini adalah tanda-tanda yang harus kamu pahami untuk segera membawa motor Vespa Sprint milikmu ke bengkel.

  1. Setelah Menempuh Perjalanan Jauh

Motor yang digunakan untuk menempuh perjalanan jauh tentunya tenaga dan spare partnya telah dipacu untuk bekerja lebih dari biasanya. Maka dari itu, setelah menempuh perjalanan jauh sebaiknya kamu segera melakukan servis pada motor Vespamu. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari mogok pada saat kamu menggunakan motormu kembali. Sekalipun tidak muncul tanda-tanda kerusakan motor tetap harus diservis.

  • Rem Slip

Motor Vespa Sprint adalah motor matic yang menjadikan rem sebagai salah satu pengontrol pada saat digunakan. Jika rem motormu mengalami slip maka itu artinya kamu harus segera membawanya ke tempat servis. Rem yang slip biasanya terjadi karena kampas rem yang sudah aus atau adanya kotoran pada rem sehingga menyebabkan slip. Untuk memastikannya kamu harus segera membawanya ke tempat servis agar keamananmu dalam berkendara tetap terjaga.

  • Gas Brebet

Sistem gas yang tiba-tiba brebet atau putus-putus biasanya terjadi karena filter udara yang kotor atau busi yang sudah mati. Jika filter udara yang kotor maka kamu harus membersihkannya dengan cara melepasnya. Tetapi, jika busi yang mati tidak ada pilihan lain selain menggantinya dengan yang baru. Kamu harus segera mendatangi bengkel guna memastikan penyebab gas motormu bermasalah.

  • VCT Slip

VCT adalah transmisi daya yang membuat kendaraan dalam performa terbaiknya. Daya yang ditransmisikan dengan baik akan menghasilkan tenaga yang baik pula pada saat kamu melakukan tarikan gas. VCT bisa mengalami slip, karena kotoran atau disebabkan oleh pemakaian yang sudah lama hingga akhirnya aus. Untuk mengembalikan fungsinya secara normal kamu harus melakukan servis secara menyeluruh dan pengecekan secara detail.

Mengetahui kapan waktu yang pas untuk servis motormu selain jadwal rutin adalah hal yang harus selalu kamu lakukan agar motormu tetap nyaman. Motor yang nyaman akan membuat perjalanan semakin nyaman. Selain memahami tanda-tanda servis, memperhatikan bagian-bagian tertentu dari motormu juga harus kamu lakukan, karena bagian-bagian itu sangat vital dan mendukung kinerja motor. Komponen vespa sprint harus diperhatikan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *