Categories
Tips Perawatan

Manfaat Pemakaian Sarung Tangan Karet Saat Mencuci Piring

Sarung tangan karet untuk keperluan rumah tangga dapat membantu mempermudah pekerjaanmu. Menjadi mudah karena tanganmu bisa terlindungi sehingga tidak perlu khawatir jika harus membersihkan bagian paling kotor sekalipun. Barang-barang di rumah memang harus dibersihkan secara berkala agar tetap bersih. Termasuk mencuci piring bekas makan atau peralatan masak yang telah selesai digunakan. Untuk mencuci piring ini kamu bisa menggunakan sarung tangan karena memiliki manfaat tersendiri. Meski rasanya tidak kamu lihat secara langsung dari menggunakan sarung tangan, akan tetapi justru dengan memakainya pekerjaan mencucimu bisa jadi lebih menyenangkan. Sering kali kita menumpuk cucian piring di rumah sehingga kamu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membersihkannya. Dengan menggunakan sarung tangan, kamu bisa membersihkan tumpukan piring dengan lebih bersih dan tangan terlindungi. Berikut manfaat pemakaian sarung tangan karet lainnya.

1. Melindungi Dari Air Panas

Mencuci piring tidak selamanya menggunakan air dingin yang mengalir langsung dari keran. Tetapi ada saatnya kamu harus menggunakan air panas untuk membantu menghilangkan noda membandel yang menempel. Apalagi jika perkakas rumahmu banyak yang terbuat dari karet. Tentu akan lebih sulit membersihkannya jika sisa kotoran yang menempel sudah cukup lama hingga kering. Kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan air panas. Pasalnya mencuci menggunakan air panas dapat menjaga perkakas agar tetap higienis.

Untuk melindungi tanganmu dari air panas ini kamu bisa memakai sarung tangan. Karena percikan air panas ini bisa membuat tanganmu melepuh jika airnya cukup mendidih. Maka lebih baik mencegahnya dengan tindakan awal memakai sarung tangan.

2. Membersihkan Kotoran Di Perkakas Semaksimal Mungkin

Jika tumpukan piringnya lumayan banyak dan kotorannya juga cukup membandel, waktu yang kamu habiskan untuk mencuci ini pastinya lebih lama. Karena kamu mungkin merasa risih pada saat mencuci piring dengan kotoran yang menempel ini.  Apalagi pada wajan yang masih terdapat sisa kotoran bekas masak yang mengendap dan menempel di dasarnya. Tentu akan membuatmu kesulitan untuk membersihkannya karena harus menggosoknya berulang kali. Untuk itu pakailah sarung tangan agar dapat mengatasi masalah kotoran saat mencuci ini. Mencuci jadi lebih bersih dan maksimal. Selain itu kamu juga bisa merasakan apakah piring tersebut sudah bersih atau belum.

3. Mencegah Kulit Tangan Menjadi Kering

Tangan yang terlalu lama dan sering terkena air dan sabun cuci untuk cuci piring akan mudah kering. Ini akan kamu rasakan jika mencuci tanpa menggunakan sarung tangan. Akibat dari tangan yang kering ini adalah kulitmu akan mudah sekali terluka. Luka yang terbuka ini jika digunakan untuk mencuci dan menyentuh kotoran di piring maka akan membuatnya rentan infeksi. Kamu bisa melindunginya dengan memakai sarung tangan ketika mencuci. Risiko ini juga bisa kamu minimalisir dengan memakai olesan lotion terlebih dahulu sebelum memakai sarung tangan. Apabila kamu mencuci dengan air panas, maka tangan yang telah dioleskan lotion ini pori-porinya akan terbuka dan lotionnya terserap dengan baik.

Kulitmu jadi tidak mudah mengalami kekeringan karena terkena air dan juga sabun dari mencuci piring ini. Tidak heran jika sarung tangan karet bisa ditemukan di setiap rumah saat sedang bersih-bersih. Karena memang manfaat dari pemakaiannya ini cukup signifikan dan tidak hanya melindungi tangan saja. Namun efeknya juga dapat terasa pada kesehatan kulit dan juga tubuh.

Untuk itu selalu melindungi kesehatan dari hal kecil dan mudah dengan memakai sarung tangan saat dibutuhkan setiap waktu. Berikut manfaat pemakaian sarung tangan karet lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *