Categories
Tips Perawatan

Perbedaan Mesin Yang Masih Bagus Dan yang Sudah Tidak Layak

Mesin merupakan bagian dari kendaraan bermotor yang esensial. Tanpa adanya mesin sudah dipastikan bahwa kendaraan kamu akan terkendala. Maka dari itu mesin harus dipastikan kelayakannya dengan dirawat secara tepat. Apalagi jika kamu akan membeli kendaraan bermotor bekas karena harganya yang jauh lebih murah dan terjangkau. Kamu wajib untuk memeriksa dari segi mesinnya terlebih dahulu. Pemeriksaan mesin yang tepat akan membuat kendaraan yang kamu beli tetap awet. Selain itu kamu juga bisa menentukan cara perawatan mesin kendaraan yang sesuai dengan kondisinya jika memutuskan untuk membelinya secara bekas. Untuk itu kamu perlu pengetahuan lebih lagi agar bisa cek kondisi mesin dari kendaraan yang masih layak. Bagaimana caranya? Simak perbedaan antara mesin yang bagus dan yang sudah tidak layak sebelum membelinya.  

1. Bersih Atau Tidaknya Mesin 

Cara pertama untuk mengetahui apakah mesin dari kendaraan yang kamu pilih ini layak atau tidak adalah cek kebersihan mesin. Jika diperhatikan dengan detail dari komponen mesinnya, kamu akan bisa melihat dengan mata telanjang apakah ada kotoran serta kerak di sana. Mesin dari kendaraan bekas umumnya akan memiliki bercak yang bisa jadi sulit untuk dibersihkan akibat dari uap baterainya yang menempel pada head cylinder. Untuk itu kamu harus cek menyeluruh terlebih dahulu pada permukaan baterai. Apabila ditemukan kerak pada baterainya, kemungkinan besar pemilik terdahulu kurang paham akan perawatan mesinnya.  

Karena kerak serta kotoran tersebut harus segera dibersihkan. Jika tidak akan memengaruhi pulley yang berputar pada beltnya. Hal ini akan terjadi slip dan belt putus jika tidak dibersihkan dengan tepat.  

2. Amati Komponen  

Pada rangkaian mesin dari sebuah kendaraan terdapat beragam sistem misalnya pendingin dan steering. Kamu bisa cek dari sambungan antara selang yang umumnya sering terjadi kebocoran. Akan dengan mudah terlihat tetesan dari kebocoran yang terjadi. Biasanya akan terasa sedikit basah di bagian yang bocor. Jadi pastikan untuk mengamatinya dengan jeli. Jika tidak ada kebocoran, semua sambungannya akan kering. Selain itu kebocoran dari fluida mesin juga tidak akan ada jika sambungannya kering. Jika sudah di cek menyeluruh dan tidak terdapat kebocoran, maka bisa dikatakan mesin tersebut dalam keadaan baik.  

3. Lihat Stick Oli 

Hal lain yang juga turut diperhatikan adalah stick oli. Kamu bisa cek dengan detail bagian ini untuk melihat kualitas dari oli dan volumenya ketika berada dalam mesin. Oli yang terlihat menghitam menandakan bahwa perlu dilakukan penggantian oli. Namun jika bening berarti oli tersebut dalam keadaan baik.  

4. Perhatikan Suara Mesin 

Untuk melihat apakah mesin yang ada masih dalam kondisi baik atau tidak, kamu bisa cek suara dari mesin saat menyala. Jika suara yang dihasilkan dari mesin ini cukup tenang dan stabil, maka mesin tersebut dalam keadaan baik. Mesin yang sudah tidak layak cenderung akan menimbulkan suara kasar dan bisa saja terjadi kebocoran pada kompresinya.  

5. Lihat Asap Yang Muncul 

Saat mesin kendaraan dinyalakan, kamu bisa cek dari asap yang keluar dari knalpot. Jika dilihat dari asapnya, mesin yang masih baik akan berwarna bening. Namun jika yang keluar adalah warna asap hitam dan terkadang ada juga yang putih, maka ada masalah pada mesinnya.  

5 cara ini bisa kamu gunakan untuk mengetahui perbedaan keadaan mesin dari kendaraan yang akan kamu pilih. Jangan karena murah kamu jadi mengabaikan bagian yang penting dari kendaraanmu yakni mesin. Pastikan pilih mesin kendaraan yang masih bagus sehingga bisa dirawat lebih lanjut agar tetap awet. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *