Categories
Daftar Harga Motor Bekas

Puas Cuci Mata Beragam Seri Motor BMW di Museum BMW

Kalau kamu adalah penggemar sepeda motor BMW dan juga mobil keluaran merek premium asal Jerman ini, tapi belum punya cukup dana untuk membelinya, tenang… Bisa cuci mata dulu dengan beragam produk BMW yang ada di museumnya. Memang, untuk menuju ke museumnya juga membutuhkan biaya, karena lokasinya ada di Munich, Jerman. Tetapi, ini akan menjadi pengalaman yang menarik bagi siapa saja, bukan hanya bagi penggemar BMW saja. Bahkan salah satu bagian dari museum, yaitu BMW Welt merupakan atraksi turis yang paling banyak dikunjungi di Jerman!¬†Puas cuci mata.

Jadi apa saja yang ada di BMW Museum ini? Yuk, simak lebih detail lagi. 

Sepeda Motor BMW di BMW Museum 

BMW merupakan perusahaan auto mobil kebanggaan Jerman, termasuk yang paling tua dan juga memiliki sejarah yang panjang dengan pemerintahan Jerman. Beberapa seri sepeda motornya bahkan pernah digunakan oleh Angkatan Darat dan Polisi Militer Jerman di masa Perang Dunia II. Pabrik-pabrik BMW juga dibom di masa itu, sehingga tidak bisa berproduksi sama sekali. Dengan sejarah tersebut, tidak aneh jika kemudian dibangun museum khusus BMW. 

Museum BMW berlokasi di kota Munich, Jerman, dan dibuka pada tahun 1973. Museum ini berada di lokasi yang sama dengan kantor pusat BMW, dan juga kemudian BMW Welt, atraksi turis lain yang baru dibuka pada tahun 2007. Museum BMW direnovasi pada kurun waktu 2004 hingga 2008, pada saat BMW Welt dibangun. Kemudian, museum ini kembali dibuka pada 21 Juni 2008. Saat ini, ada 120 presentasi di museum seluas 5.000 m2 ini.  

Di dalam museum ini, pengunjung bisa melihat sejarah dan perkembangan perusahaan BMW. Pengunjung bisa melihat mesin, turbin, mesin pesawat, sepeda motor, mobil, dan lain-lain. Dilengkapi dengan penggunaan headphone, pencahayaan yang baik, membuat museum ini memiliki suasana yang tenang.  

Desain gedung museum ini dikenal dengan sebutan mangkuk salad, berwarna silver dengan desain futuristik. Gedung ini dirancang oleh arsitek dari kantor pusat BMW, seorang profesor asal Austria, Karl Schwanzer. Bentuk gedung yang bulat dengan diameter 20 meter ini pada masanya menjadi simbol kota Munich. Pengunjung museum ini per tahunnya mencapai 250.000 orang. 

Pameran Motor BMW di BMW Welt 

BMW Welt baru dibangun pada tahun 2003 hingga 2007 di komplek yang sama dengan kantor pusat dan BMW Museum, di Munich Jerman. BMW Welt pertama kali dibuka pada tanggal 17 Oktober 2007. Merupakan atraksi turis yang paling banyak dikunjungi di Jerman, BMW Welt merupakan gabungan antara pameran dan museum petualangan.  

Di dalam BMW Welt terdapat showroom yang menampilkan model-model terkini dari sepeda motor dan mobil BMW, termasuk juga 2 merek lain di bawah BMW, yaitu Mini dan Rolls-Royce. Di dalamnya juga ada toko souvenir yang menjual berbagai merchandise BMW dan juga sebuah restoran.  

Untuk membangun BMW Welt, pada tahun 2001 dibuat sebuah kompetisi desain arsitektur yang disponsori oleh BMW. Pemenang kompetisi inilah yang kemudian desainnya digunakan untuk BMW Welt. Dari 27 perusahaan yang berpartisipasi, COOP HIMMELB(L)AU yang berpusat di Wina, Austria, memenangkan kompetisi tersebut. Pembangunannya selama 4 tahun dan menghabiskan dana sebesar $200juta. Awalnya, BMW Welt diharapkan bisa selesai dan siap dibuka dan beroperasi saat Piala Dunia 2006, namun akhirnya baru bisa dibuka pada tanggal 17 Oktober 2007. Pengunjung BMW Welt pada tahun pertama mencapai 2.200.000 orang! Pada tahun keenamnya, yaitu tahun 2013, pengunjung bahkan meningkat hingga 2.930.000 pengunjung, yang 60% diantaranya berasal dari Jerman sendiri. 

Ingin berkunjung ke BMW Museum dan BMW Welt untuk tau lebih banyak tentang sepeda motor BMW? Yuk, rencanakan dari sekarang. Puas cuci mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *