Categories
Spare Part

Spare part Motor Terpenting Beserta Fungsinya

Motor adalah salah satu kendaraan yang menjadi andalan banyak orang karena harganya terjangkau. Selain itu, motor juga kendaraan terbaik untuk menerobos kemacetan karena ukurannya yang kecil daripada mobil. Gunakan spare part motor terbaik ya.

Sebagai pemilik motor, kamu juga perlu bertanggung jawab merawat motor kesayangan supaya bisa awet dan jauh dari berbagai kerusakan. Salah satunya adalah dengan merawat spare part motor secara rutin, baik seminggu sekali ataupun sebulan sekali jika memang waktumu terbatas. 

Namun seberapa penting sih sebenarnya fungsi spare part pada motor? Nah daripada tambah penasaran, yuk simak beberapa fungsi spare part motor satu ini! 

  1. Ban Motor 

Ban adalah salah satu spare part terpenting pada motor yang berfungsi menjaga keseimbangan. Ketika ban motor kondisinya sudah jelek, maka akan sulit mengendalikan laju motor dan bisa menyebabkan kecelakaan.  

Perlu kamu tahu kalau ban motor dibagi menjadi dua, yaitu ban motor biasa dan ban motor tubeless. Kedua ban sama-sama berfungsi dengan baik hanya harga ban motor tubeless cenderung lebih mahal.  

Selain itu, jenis kedua ban motor tersebut punya daya tahan yang sama yaitu sekitar dua tahun. Kamu harus segera menggantinya karena permukaan ban yang cenderung sudah menjadi halus dan tipis. 

  1. Aki Motor 

Pastinya sudah banyak yang tahu kalau aki memegang peranan penting dalam keberlangsungan hidup motor. Fungsi utama aki adalah sebagai cadangan tenaga dan menghidupkan motor di segala kesempatan, baik motor sering ataupun jarang dipanasi. 

 Layaknya mobil, sebaiknya kamu memang memanaskan motor setiap hari untuk menjaga kualitas akinya. Hindari aki tekor alias kehabisan cairan karena hal ini menyebabkan spare part yang lain rusak dan motor kesayangan tiba-tiba bisa macet di tengah jalan.  

  1. Lampu Motor 

Meskipun kelihatannya sepele, lampu juga merupakan spare part yang harus dirawat secara rutin. Lampu bukan hanya membuat perjalanan kamu menjadi aman, namun juga sebagai pertanda untuk orang lain bahwa ada kendaraan lain di belakang orang tersebut. 

Kualitas lampu berhubungan dengan aki motor, oleh sebab itulah kamu perlu mengecek secara rutin apakah kedua spare part ini bekerja dengan baik. Lampu motor tidak hanya digunakan malam hari saja, namun juga pada siang hari.  

  1. Rem Motor  

Membicarakan spare part motor pastilah tidak terlepas dari rem. Seperti spare part lainnya yang sudah disebutkan, rem berperan penting untuk menghentikan laju motor dalam segala situasi, baik ketika mematuhi lampu lalu lintas, terjebak kemacetan, dan masih banyak lagi. 

Perlu kamu ingat jika rem terdapat di bagian depan dan belakang ban. Sehingga kamu harus memeriksa kedua rem untuk memastikan jika kondisi rem memang dalam keadaan prima. Rem yang mulai rusak bukan hanya membahayakan diri sendiri namun juga pengendara lain karena bisa menyebabkan kecelakaan.  

Kamu bisa mengganti kampas rem dengan membawanya ke bengkel terdekat ataupun menggantinya secara mandiri. Rem yang kurang bagus biasanya akan menjadi kurang pakem dan rasanya sulit untuk menghentikan laju motor di medan jalan yang licin ataupun bergelombang. 

  1. Oli Motor 

Nah satu lagi spare part yang tidak boleh dilewatkan adalah oli motor. Oli berfungsi sebagai pelumas yang berhubungan langsung dengan mesin motor. Ketika oli berada dalam kondisi baik, maka kinerja mesin akan menjadi lebih ringan dan motor bergerak lebih gesit. 

Perlu diingat untuk tidak memilih oli motor murahan karena kualitasnya yang kurang terjamin. Lebih baik kamu memilih oli dari brand ternama yang daya tahannya bisa tahunan.  

Pastinya sekarang sudah lebih paham kan kenapa merawat spare part motor itu penting? Yuk segera rawat motor kesayangan mulai dari sekarang! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *