Categories
Spare Part

Spion Motor Bukan Sekedar Hiasan

Kualitas dan keamanan kendaraan seringkali hanya dilihat dari performa mesin dan juga kondisi rem yang harus selalu prima. Padahal, motor merupakan sebuah kesatuan bagian dan aksesoris yang saling memengaruhi satu sama lain. Bahkan bagian kecil seperti spion motor juga turut andil dalam menentukan kenyamana dan keamanan kendaraan.

Bagi kamu yang masih sering mengabaikan kaca spion dan menganggapnya hanya sebagai aksesoris tambahan demi mengikuti peraturan lalu lintas, ada baiknya kamu mulai membuka wawasan. Pasalnya, meskipun sering menjadi bagian modifikasi, spion tetap mengantongi berbagai fungsi penting yang tidak boleh diabaikan. Apa saja fungsi tersebut?

  1. Mencegah Tabrakan Saat Akan Menyalip

Jika kamu penggemar berita, mungkin kamu sering mendengar tentang kecelakaan kendaraan bermotor yang diakibatkan pengemudi gagal melihat kondisi sekeliling saat hendak menyalip. Atau sebaliknya, pengemudi tidak tahu bahwa akan ada kendaraan yang mendahuluinya sehingga tidak menepi dan senggolan pun terjadi. Hal ini terjadi karena si pengendara abai dengan kaca spion yang fungsinya memang untuk melihat keadaan jalanan sekitar saat mengemudikan motor.

Bayangkan saja jika motormu tidak dilengkapi dengan spion, kamu hanya akan mengandalkan insting ketika hendak menyalip padahal perasaanmu itu belum tentu benar. Memang kamu juga bisa menoleh ke belakang, namun hal ini sangatlah berbahaya karena mengurangi kewaspadaan dengan apa yang ada di hadapanmu. Dengan menengok spion yang terpasang di stang, kamu jadi lebih aware dan berhati-hati saat menyalip dan berpindah jalur sehingga kecelakaan bisa dihindari.

  1. Sebagai Pedoman Posisi Motor

Berada di tengah jalan saat mengendarai sepeda motor terbilang berbahaya karena kamu menghalangi kendaraan lain untuk melaju dengan cepat. Namun, berada di tepi juga tak bisa dibilang aman sebab hilang konsentrasi sedikit saja, bisa-bisa kamu terperosok ke bahu jalan yang tak selalu mulus dan rata.

Untuk bisa mengetahui dengan pasti posisi motormu di jalan, spion bisa menjadi batasan atau tolok ukur yang kamu ikuti. Kamu bisa menengok spion apakah tanpa sadar kamu berada di tengah atau malah terlalu ke pinggir tanpa harus benar-benar melihat jalanan yang akan mengalihkan fokusmu.

  1. Melihat Lalu Lintas di Belakang dengan Aman

Pernahkah kamu merasa was-was dengan yang ada di belakang motormu? Entah itu kendaraan yang terlalu mepet atau ada mobil dan motor yang ingin mendahului, tidak bisa melihat itu semua membuat kamu ceroboh di jalan dan tentu saja ini membahayakan diri sendiri serta orang lain. Kaca spion membantu kamu mengetahui kondisi lalu lintas yang ada di belakangmu dengan pasti tanpa membuat kamu harus mengalihkan fokus sehingga tahu kapan harus stabil di posisimu, kapan harus menepi atau kapan harus memacu kendaraan lebih cepat.

Ingat, mengendarai motor membutuhkan konsentrasi tinggi supaya tidak menyenggol kendaraan lain atau terperosok sendiri dan kaca spion bisa membantu kamu melakukannya karena bagian ini seperti “mata keduamu” ketika berada di jalan.

Dan fungsi terakhir tentu saja sebagai pemanis penampilan kendaraan karena warna dan juga bentuknya bisa dimodifikasi selama tidak mengganggu fungsi dari spion motor itu sendiri. Dan dengan memertimbangkan semua fungsi penting di atas, detik ini kamu pasti lebih menyadari semua bagian motor memainkan peran yang tak bisa dianggap remeh bahkan untuk cermin cembung kecil yang ada di stang motormu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *