Categories
Tips Perawatan

Sudah Punya Motor Benelli, Pahami Larangan Saat Berkendara Berikut Ini

Berlenggang di jalan raya dengan motor Benelli terbaru bisa menjadi kepuasan tersendiri. Namun, jangan sampai lupa menjadi pengendara motor yang bertanggung jawab. Mulai dari menggunakan berbagai perlengkapan yang diwajibkan seperti helm, hingga memahami rambu-rambu lalu lintas. Masih banyak peraturan berkendara sepeda motor yang masih sering disepelekan dan dilanggar. Berikut beberapa karangan berkendara yang harus kamu hindari saat sedang mengendarai motor Benelli kesayanganmu. Sudah punya motor benelli?

1. Dilarang Merokok Saat Mengendarai Motor 

Buat kamu yang memiliki kebiasaan merokok, sangat dilarang merokok saat sedang mengendarai motor. Selain membahayakan keselamatan diri sendiri, merokok di jalan raya sama saja dengan merokok di fasilitas umum. Hal ini juga bisa mengganggu pengendara lainnya, apalagi ketika kamu punya kebiasaan membuang abu dan batang rokok sembarangan di tengah jalan. Bukan sekedar larangan basa-basi, merokok sambil mengendarai atau naik motor sebagai penumpang bisa kena denda sekitar Rp 750.000. 

2. Penumpang Anak – Anak Juga Harus Menggunakan Helm 

Menggunakan alat pengaman seperti helm merupakan kewajiban yang harus dipatuhi oleh setiap pengendara motor. Baik melakukan perjalanan jarak dekat atau jauh. Bukan masalah praktis dan menambahi barang bawaan, namun ini soal menjaga keselamatan kamu sebagai pengendara motor, tak terkecuali anak – anak. Anak  dengan usia 5 tahun wajib menggunakan helm juga. Baik duduk di depan maupun di belakang bersama orang tua. Telah tersedia banyak model helm anak-anak yang bisa kamu temukan di pasaran untuk menjamin keselamatan adik, saudara, maupun anak kamu sendiri.  

3. Motor Maksimal Ditunggangi Oleh Dua Orang 

Para pelajar bahkan orang dewasa masih suka melanggar peraturan jumlah penumpang motor. Motor roda dua maksimal ditumpangi oleh dua orang dewasa, beberapa orang dalam keadaan mendesak masih suka memaksakan penumpang hingga 3 orang dewasa, biasa di kalangan anak muda. Selain membuat kamu sebagai pengendara merasa tidak nyaman, hal ini juga bisa menimbulkan kehilangan keseimbangan yang mengakibatkan kecelakaan. Hal ini juga sangat berbahaya bagi penumpang yang duduk paling belakang. Untuk penumpang anak, ketika anak sudah berusia 10 tahun, harusnya sudah tidak bisa lagi diajak boncengan bertiga dengan motor.  

4. Dilarang Menelpon atau Membalas Pesan Saat Berkendara 

Era modern serba digital seringkali membuat orang tidak bisa lepas dari smartphone mereka, bahkan saat sedang berkendara. Melakukan komunikasi via telepon dan pesan dengan hp juga termasuk pelanggaran berkendara. Baik untuk pengendara motor hingga mobil. Tak hanya melakukan komunikasi, banyak orang yang merekam video saat sedang berkendara dengan hp sebagai postingan media sosial. Kebiasaan ini jelas pelanggaran yang bisa mengganggu konsentrasi pengendara dan mengancam keselamatan diri sendiri dan orang lain. Jika merasa penting menerima telepon atau pesan, ada baiknya kamu menepi dulu di pinggir jalan raya.  

5. Selalu Perhatikan Orang yang Sedang Menyebrang Jalan dan Pejalan Kaki 

Sebagai pengendara motor kita memiliki tanggung jawab akan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Salah satu pihak yang patut kamu perhatikan adalah para pejalan kaki. Patuhi rambu-rambu lalu lintas untuk memberikan mobilitas yang aman bagi pejalan kaki yang sedang menyeberang. Perhatikan juga terutama pada jalan-jalan tertentu tanpa fasilitas penyeberangan yang layak bagi pejalan kaki yang masih belum merata di setiap jalanan di Indonesia.  

Itu tadi berbagai larang saat berkendara yang harus kamu pahami dan terapkan saat mengendarai motor Benelli. Semoga selamat dan tetap aman selama berkendara kemanapun tujuanmu. Sudah punya motor benelli?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *