Categories
Tips Perawatan

Tak Boleh Asal Rawat Helm Shoei! Simak Tipsnya Berikut Ini

Helm Shoei adalah salah satu helm yang terkemuka di antara pengguna kendaraan bermotor. Helm ini terkenal dengan keamanannya jika digunakan ketika berkendara di jalanan. Meskipun harganya tidak sedikit namun harga tersebut sebanding dengan kualitas dari helm Shoei itu sendiri. Jika berbicara helm, pasti erat kaitannya dengan aturan untuk memakai helm ketika berkendara menggunakan sepeda motor. Tak boleh asal dalam merawat Helm Shoei kamu.

Saking pentingnya, penggunaan helm ini sudah diatur dalam perundang-undangan berlalu lintas. Jadi, jika kamu tidak menggunakan helm ketika berkendara sepeda motor, maka kamu akan mendapatkan tilang, meskipun kamu bukan yang membonceng namun yang dibonceng. Jadi, wajib bagi seluruh pengguna sepeda motor untuk menaati peraturan lalu lintas salah satunya adalah menggunakan helm.

Jika kamu melanggar maka kamu akan mendapatkan tilang dan harus mengikuti sidang atas pelanggaran lalu lintas. Maka dari itu, jika kamu tidak ingin terkena  tilang maka patuhilah peraturan lalu lintas yang ada. Jangan mencoba untuk melanggar karena seperti pepatah mengatakan apapun yang kamu tanam itulah yang akan kamu tuai. Jadi, jika kamu menanamkan pada dirimu untuk melanggar pasti kamu akan menuai hukuman mengenai pelanggaran tersebut.

Tips Merawat Helm dengan Baik

Bagi kamu yang menganggap jika memakai helm itu jadul, maka tidak akan lagi kata itu muncul jika kamu menggunakan helm Shoei berkendara dengan sepeda motor. Dengan helm ini kamu akan terlindungi dengan aman dan juga kamu akan merasa nyaman. Hal itu disebabkan karena helm ini dibuat dengan bahan yang berkualitas baik dan sudah mendapatkan sertifikasi. Maka dari itu, jika kamu sudah memiliki helm ini rawatlah dengan baik agar tidak cepat rusak. Berikut ada beberapa tips untuk merawat helm dengan baik dan tepat, diantaranya yaitu:

  1. Bersihkan helm setidaknya 2x dalam setahun. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan noda yang menempel dalam helm. Pastikan ketika membersihkannya kamu menggunakan mild soap yang tidak mengandung bahan kimia dan asam tang kuat, ditakutkan nanti akan merusak helm itu sendiri. Lalu, gunakanlah juga air untuk membersihkan helm setelah diberikan mild soap.
  2. Copot busa helm ketika Anda membersihkan helm. Karena jika kamu tidak mencopotnya, kamu tidak bisa membersihkan secara maksimal.
  3. Bersihkan kaca helm setiap kali terkena air hujan. Jangan menunggu sampai noda karena air hujan menempel. Jika kaca sudah banyak goresan segera ganti agar ketika kamu berkendara penglihatan mu tidak akan terganggu.
  4. Setiap helm itu memiliki ventilasi udara untuk memberikan sirkulasi udara ke kepala. Rajin-rajinlah untuk membersihkannya dengan cotton bud atau juga bisa menggunakan angina yang bertekanan tinggi. Lakukan itu satu kali dalam satu minggu.
  5. Simpan helm kamu ditempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak atau binatang peliharaan yang ditakutkan nanti akan menggunakan helm mu sebagai mainan.
  6. Hindari untuk menggantung helm kamu pada stang motor atau spion. Hal itu harus kamu perhatikan agar tidak mudah jatuh. Jika helm mu jatuh maka akan membuat kualitas helm mu menurun. Maka jaga baik-baik helm mu agar tidak jatuh.
  7. Helm adalah pelindung utama ketika kamu berkendara maka pilihlah helm dengan kualitas yang telah terjamin seperti helm Shoei ini. Sesuaikan helm yang akan kamu pilih sesuai dengan ukuran diameter kepala mu. Jangan pilih helm yang terlalu besar maupun terlalu kecil agar ketika digunakan helm tersebut dapat membuat mu aman dan nyaman.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan untuk merawat helm Shoei. Hal tersebut perlu kamu perhatikan agar  helm mu awet, pasti sayang jika kamu sudah membelinya dengan harga yang tidak sedikit lalu rusak karena tidak kamu rawat dengan baik. Tak boleh asal dalam merawat Helm Shoei kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *