Categories
Spare Part

Takut Dapat Helm Arai Full Face Palsu? Yuk Cek Perbedaannya di Sini

Di zaman serba modern ini ternyata penipuan dan pemalsuan barang juga semakin marak. Pastinya hal ini sangat meresahkan karena banyak dari kita yang khawatir akan mendapat barang palsu padahal sudah membeli dengan harga yang mahal. Nah, pemalsuan ini juga terjadi pada salah satu merk helm terkenal yang sudah digunakan oleh para pembalap MotoGP dan juga Formula 1 yaitu helm Arai full face. Takut dapat helm palsu? baca disini.

Helm buatan Jepang ini memang sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya serta harganya pun juga cukup terjangkau. Kamu yang ingin membeli helm ini pastinya harus semakin waspada dan juga ekstra teliti agar tidak terkecoh. Kalau dilihat sekilas memang antara helm Arai yang asli dan palsu terlihat sama, namun jika kamu lebih teliti lagi tetap keduanya memiliki perbedaan. Nah, buat kamu yang belum tahu apa perbedaan keduanya, langsung simak informasinya di bawah ini.

Perbedaan Helm Arai Full Face Asli dan Palsu

Cara paling mudah untuk membedakan helm Arai full face asli dan palsu adalah dengan melihat logo SNI-nya. Jika terdapat logo SNI berarti asli dan sebaliknya. Logo SNI yang digunakan untuk helm asli juga bukan huruf emboss sehingga cukup sulit untuk memalsukannya. Logo SNI-nya menggunakan bahan semi permanen seperti stiker dan hal inilah yang membedakannya dengan helm palsu.

Akan tetapi, jika kamu menemukan helm Arai tanpa logo bukan berarti kamu bisa langsung mengatakannya sebagai helm palsu karena helm Arai yang dibawa dari Jepang langsung tidak memiliki logo SNI dan yang ada adalah logo Snell (standar keamanan Jepang). Untuk helm yang asli bagian dalamnya khususnya inner di atas kepala lebih empuk sementara untuk yang palsu lebih kaku. Selain itu, masih ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk mengetahui apakah helm tersebut asli atau tidak yaitu:

  1. Kualitas bahan

Helm palsu biasanya menggunakan plastik yang mudah pecah sedangkan helm asli pastinya menggunakan bahan plastik dengan kualitas terbaik. Untuk mengetahui apakah helm tersebut asli atau palsu adalah dengan mengetuk cangkang helmnya, jika suaranya nyaring sudah pasti helm tersebut palsu. Kamu juga melihat ukuran ketebalannya, untuk helm asli ukuran ketebalannya tak terlalu tebal maupun tipis.

  1. Cek panel kacanya

Panel kaca pada helm asli pastinya menggunakan bahan polycarbonate dimana bahan ini sangat lentur dan tidak mudah pecah. Sementara untuk helm palsu biasanya menggunakan kaca akrilik yang mudah pecah. Untuk mengeceknya, kamu hanya perlu menekannya saja namun jangan terlalu keras. Jika kacanya lentur maka helm tersebut asli dan sebaliknya.

  1. Busa helm

Helm yang asli menggunakan busa yang tebal, empuk dan pastinya tidak akan membuat telingamu sakit. Kamu bisa mengeceknya dengan mencobanya atau dengan menekan-nekan busanya, untuk helm asli akan akan terasa empuk dan sebaliknya.

  1. Nomor seri

Pabrik pembuat helm pastinya akan membuat nomor seri yang berbeda untuk tiap helm produksinya. Nomor seri ini juga bisa kamu gunakan acuan untuk menentukan apakah helm tersebut asli atau palsu. Jika kamu menemukan beberapa helm dengan nomor seri yang sama, sudah pasti helm tersebut palsu.

  1. Cek logo standar keselamatan

Jangan lupa untuk mengecek logo standar keselamatan di bagian belakang helm. Di Indonesia sendiri logo keselamatan helm adalah SNI yang mengacu pada Economic Community of Europe. Helm yang sudah memenuhi standar SNI adalah helm full face dan half face.

Dengan adanya informasi di atas, pastinya kamu sudah tak bingung lagi, bukan? Jadi, segera dapatkan helm Arai full face favorit kamu dengan tips di atas. Semoga sedikit informasi di atas dapat membantu kamu menemukan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Takut dapat helm palsu? baca disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *