Categories
Tips Perawatan

Tips Kampas Rem Belakang Beat Lebih Awet

Sepeda motor di Indonesia ini banyak sekali jenisnya karena orang Indonesia sendiri termasuk pengguna aktif sepeda motor. Di antara banyaknya merek sepeda motor, Beat adalah merek yang umum digunakan terutama oleh kaum wanita karena bentuknya yang mini. Ketika sudah memiliki sepeda motor tersebut, kamu tetaplah butuh untuk merawatnya dan tidak hanya menaikinya. Bagian yang perlu untuk diperiksa dengan teliti adalah rem motor. Rem motor yang mulai berdecit adalah pertanda kalau kampasnya butuh diganti. Ketika mencari kampas, pilih saja harga kampas rem belakang Beat terbaik yang biasanya memiliki kualitas baik juga. Agar kampas rem bisa lebih tahan lama, ikuti tips berikut, ya. 

Perhatikan Kondisi Tromol 

Jenis rem cukup banyak. Di antara banyak jenisnya, tromol adalah jenis rem terbaik karena memiliki kampas rem yang luas. Tidak hanya bagian kampas yang lebih luas, suara yang dihasilkannya pun lebih halus terutama ketika rem berhenti secara mendadak. Nah, ketika mengecek kampas ini kamu bisa cek di bagian tromolnya. 

Meskipun tromol termasuk jenis rem terbaik, ketika tidak dirawat tentunya kualitasnya akan menurun. Untuk merawatnya, kamu bisa memeriksa keadaannya dengan mengecek posisinya pada bagian penampang cakram. Pastikan piringan cakram itu berputar secara simetris, ya. Lalu, kamu bisa bersihkan juga bagian tromol dan penampangnya itu. 

Lumasi Bagian Bearing Roda 

Ada bagian yang menghubungkan tromol dan as roda yang disebut dengan bearing. Bearing ini memiliki efek besar pada kampas. Kalau pelumas sudah menipis, biasanya bagian piringan cakram akan mudah bersinggungan dengan kampas. Karena itulah, kampas bisa mudah menipis.  

Karena bearing berakibat pada menipis tidaknya kampas, sudah tentu memperhatikan bagian bearing ini sangat penting. Cara merawatnya adalah dengan memberikan pelumas pada bagian bearing. Saat yang paling tepat memberikan pelumas adalah ketika bearing sudah terlihat mengering atau ada suara yang berdecit.  

Ganti Minyak Rem Secara Rutin 

Apakah kamu termasuk orang yang aktif berkendara dengan sepeda motor? Kalau kamu termasuk aktif berkendara dengan motor terutama berkendara jarak jauh, perhatikan berapa kilometer yang sudah ditempuh setelah terakhir servis, ya. Hal itu disebabkan ada beberapa bagian yang butuh untuk diganti secara berkala yang salah satunya adalah minyak rem. 

Minyak rem motor perlu untuk diganti setelah kamu menempuh jarak kurang lebih 20.000 kilometer. Tujuan utama adalah mencegah minyak menggumpal hingga akhirnya terjadi penyumbatan. Minyak rem juga segera butuh diganti ketika kamu sering melewati jalanan berair atau ketika musim hujan. 

Perhatikan Indikator Kampas yang Butuh Diganti 

Pusat pengereman adalah kampas rem itu sendiri. Kampas atau bantalan rem ini terletak di bagian penjepit cakram. Ketika cakram bekerja, bantalan rem atau kampas ini akan bergesekan dan tentunya akan semakin menipis. Untuk itu, kamu harus tahu indikator penggantian kampas.  

Kampas perlu diganti ketika kamu merasakan adanya getaran ketika motor direm. Getaran rem itulah yang menimbulkan tarikan kembali. Bahkan, ketika ada bunyi “klik” tandanya rem sudah tidak bisa lagi digunakan.  

Nah, Sekian Tips bagian yang perlu untuk diperhatikan untuk perawatan dan penggantian kampas. Rem ini adalah bagian penting dari kendaraan sehingga jangan sampai mengabaikannya, ya. Berapa pun harga kampas rem belakang Beat terbaik, kalau tidak dirawat ya tetap saja mudah aus.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *