Categories
Tips Perawatan

Tips Merawat Lampu Motor Kamu Agar Tetap Awet

Lampu motor merupakan salah satu bagian dari sepeda motor yang sangat penting. Lampu pada sepeda motor memiliki peranan utama dalam memberikan bantuan penerangan saat sedang melintasi jalanan di malam hari. Dengan begitu, kamu pun dapat berkendara dengan rasa aman dan nyaman hingga sampai ke tempat tujuan. Selain itu, lampu pada sepeda motor juga memiliki fungsi untuk membantu pengendara kendaraan bermotor lainnya untuk melihat keberadaanmu sehingga resiko terjadinya kecelakaan di malam hari pun dapat dihindari. Mayoritas komunikasi antar pengendara sepeda motor pun dilakukan dengan menggunakan isyarat lampu. Dari sini saja, kamu sudah mengetahui seberapa penting fungsi dari lampu sepeda motormu, kan? Ini dia tips merawat lampu motor.

 Terlepas dari pentingnya lampu sepeda motor untuk menjamin keamanan dalam berkendara, masih banyak orang-orang yang tidak mengetahui cara merawat lampu motor yang tepat. Akibatnya, lampu motor mereka pun menjadi lebih mudah rusak. Kalau sudah begitu, tentunya kamu harus mengeluarkan biaya yang cukup lumayan untuk menggantinya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut adalah sejumlah tips yang dapat kamu lakukan untuk merawat lampu motor agar senantiasa awet. 

1. Selalu Cek Kondisi Regulator Rectifier atau Kiprok 

Kiprok merupakan bagian di dalam lampu motor yang sangat penting dan harus dicek secara berkala. Kiprok memiliki fungsi untuk menahan dan menstabilkan aliran listrik dari spul. Aliran listrik tersebut nantinya akan disambungkan ke aki yang kemudian memicu lampu menyala. Jika lampu kamu mulai meredup, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh kiprok yang melemah. Untuk memastikannya, kamu bisa mengecek bagian-bagian lain yang tersambung dengan lampu motor tersebut. Contohnya seperti sambungan antara kiprok dengan aki. Kamu juga bisa menggunakan voltmeter, yaitu sebuah perangkat yang dapat membantu mengukur arus tegangan listrik. Dengan adanya perangkat ini, kamu bisa mengecek fungsi dari kiprok itu sendiri.  

2. Periksa Kondisi Aki 

Fungsi lampu sepeda motormu sepenuhnya bergantung pada kondisi aki. Apabila aki sepeda motormu soak, maka bisa dipastikan lampu motormu pun akan mengalami gangguan. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kamu untuk melakukan pengecekan terhadap aki sepeda motor secara berkala. Secara umum, ada 2 jenis aki yang paling banyak digunakan, yaitu jenis aki basah dan aki kering. Jika kamu menggunakan jenis aki basah, maka rajin-rajin untuk mengecek kadar aki. Jangan lupa untuk melakukan pengisian cairan aki saat kandungan air aki mulai habis. Sedangkan untuk jenis aki kering biasanya perlu dilakukan penyetruman ulang untuk membangkitkan kembali daya listrik dari aki tersebut. 

3. Gunakan Lampu Jauh dan lampu Dekat Secara Bergantian 

Banyak orang yang walaupun memiliki sepeda motor ternyata tidak menyadari bahwa pada sepeda tersebut terdapat lampu dekat dan lampu jauh. Seringkali kamu hanya menggunakan satu jenis lampu, yaitu lampu jarak dekat saat berkendara baik di pagi hari maupun di malam hari. Padahal menggunakan salah satu lampu secara terus-menerus ternyata dapat mengakibatkan usia dari lampu tersebut menjadi lebih pendek. Oleh karena itu, kamu sangatlah disarankan untuk menggunakan lampu dekat dan lampu jauh secara bergantian. Lampu jarak dekat digunakan di pagi hari hingga sore hari, dimana pencahayaan masih lebih banyak mengandalkan sinar matahari alami. Sedangkan di malam hari, kamu memerlukan pencahayaan yang lebih jauh. Oleh karena itu, gunakanlah lampu jarak jauh di malam hari. 

Ternyata, merawat lampu motor sangatlah mudah, ya? Jangan lupa untuk melakukan servis rutin untuk menjamin fungsi lampu dan komponen mesin sepeda motor milikmu tetap prima. Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *