Categories
Tips Perawatan

Tips Mudah Membedakan Harga Ban Mobil Avanza Asli dan Suntikan

Ban mobil penting kaitannya dengan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Oleh sebabnya buku panduan menjelaskan secara detail ban yang bagus untuk digunakan baik dari tipe, ukuran, tekanan angin hingga cara memasang. Selain itu, kamu juga harus waspada dengan harga ban mobil Avanza suntikan dan vulkanisir karena sudah marak beredar di masyarakat. Jika tidak ingin dirugikan simak ulasan berikut ini. Tips mudah membedakan ban asli dan suntikan.

Ban vulkanisir maupun ban suntikan didapat dari ban bekas yang tentu sudah tak layak pakai untuk diolah menjadi ban baru. Ban vulkanisir di permak dengan membuang sisa-sisa karet ban lama kemudian menambahkannya dengan karet baru. Dalam pabrik ban, jenis ini sudah diakui dengan kualitas hanya 60-70 dari ban biasa. Ban ini diproduksi untuk menekan pengeluaran dalam sebuah usaha. Sedangkan ban suntikan ialah ban yang di permak dengan mengukir ulang ulir atau kembang sehingga tampak baru. Ban ini bahaya jika digunakan dan termasuk tindakan tak bertanggung jawab.

Cara Bedakan Harga Ban Avanza Suntikan atau Vulkanis dengan Ban Asli

Mobil Avanza banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sehingga termasuk dalam mobil favorit keluarga. Banyaknya pengguna Avanza tak luput dari spare part palsu seperti ban yang diukir dan disuntik. Menghindari kerugian yang membahayakan keselamatan ini, kamu wajib baca bagaimana ciri harga ban Avanza asli dan palsu berikut.

  • Terdapat garis tipis yang menempel

Garis ini bisa dibuka paksa dan akan terlihat kondisi ban yang asli sebelum ditempel bahan baru tersebut. Tempelan direkatkan erat dan menghasilkan tampilan ban yang seakan baru.

  • TWI atau tread wear indicator

TWI berguna untuk memberikan patokan ban masih layak atau tidak untuk dipakai. Indikatornya berupa segitiga yang berasal di tapak ban. Segitiga ini mengarah pads tonjolan yang ada diantara alur ban. Jika alur ban sudah setara dengan tonjolan ini maka artinya ban sudah harus diganti. Pada ban ukiran atau vulkanisir TWI ini hilang karena sudah di permak ulang atau ditempel dengan kembangan baru yang tidak ada kode indikator ini.

  • Indikator tonjolan

Tak hanya indikator segitiga saja yang hilang melainkan juga tonjolan yang berada di tengah alur juga ikut menghilang. Hal ini terjadi pada ban suntikan yang menempel ban lama dengan alir ban baru.

  • Kedalaman alu atau kembang

Pada ban asli kembangan memiliki kedalaman yang sama dari pinggir hingga tengah dan tidak ada kotoran yang masuk pada alur tersebut. Sedangkan pada ban rekondisi atau yang telah diukir ulang, namun kedalaman alur ini tidak sama. Biasanya alur bagian tengah saja yang diukir tengah sedangkan bagian pinggir ban dibiarkan seperti bentuk aslinya yang sudah aus. Sehingga kita bisa bedakan alur atau kembang tidak merata.

  • Warna ban

Ban yang sudah di permak ulang memiliki warna kusam atau setidaknya dalam dua hari pemakaian, warna ban kembali kusam. Berbeda halnya dengan ban asli yang mengkilap dan bersih serta merata pada semua bagian ban. Ban palsu terkadang memang tidak fokus pada warna ban ini sehingga sering diabaikan. Jika pun ban dioles ulang, warnanya hanya bertahan beberapa hari saja.

  • Harga

Harga ban mobil Avanza asli sekitar Rp 300 ribu hingga jutaan. Namun pada ban palsu ini harganya jauh lebih murah, bisa mencapai setengah harga ban asli. Harga menjadi ciri yang paling mudah untuk menebak apakah ban original atau palsu.

Kedua ban tidak original tersebut sangat berbahaya jika digunakan untuk perjalanan jauh. Bijaklah dalam urusan kendaraan harga ban mobil Avanza ini karena bersangkutan dengan keselamatan baik dirimu sendiri ataupun orang lain. Tips mudah membedakan ban asli dan suntikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *