Categories
Spare Part

Velg Motor Modifikasi Gak Pake Mahal

Bagi para pemilik motor, modifikasi menjadi hal yang sangat populer. Di mana mereka berlomba-lomba untuk memiliki penampilan motor yang lebih keren dari lainnya. Ada rasa kebanggaan sendiri jika mereka menggunakan motor yang keren dan gagah. Di antara banyaknya komponen motor, velg menjadi salah satu yang kerap mengalami modifikasi. Dibandingkan harus membeli velg yang baru, akan lebih hemat jika kamu melakukan modifikasi. Pasalnya, modifikasi velg gak melulu harus mengeluarkan bujet yang mahal, lho. Nggak percaya? Simak cara modifikasi velg berikut.

  1. Cat Ulang Velg Motor

Jika kamu merasa warna velg tampak begitu monoton, kamu bisa mengatasinya dengan mengecat ulang velg motor. Dengan perubahan warna sedikit saja, motor kamu bisa tampak lebih keren dan beda dari yang lainnya. Pilihan cat semprot untuk velg racing terbilang sangat banyak. Kamu hanya perlu memilih mana warna velg yang disukai dan cocok dengan warna bodi motor kamu.

Cara mengecat ulang velg terbilang sangat mudah, pertama-tama kamu hanya perlu melepaskan velg dari ban dan mencucinya hingga bersih. Keringkan velg terlebih dahulu, kemudian hilangkan cat lama velg dengan menggunakan amplas. Bilas kembali velg motor dan pastikan nggak ada sisa kotoran yang menempel. Jika sudah, barulah kamu bisa menyemprotkan cat. Selain bisa dilakukan sendiri, mengecat ulang velg ini juga bisa kamu lakukan di bengkel. Hanya saja, tentu kamu perlu mengeluarkan bujet sekitar Rp 300 ribuan.

  1. Beri Stiker pada Velg Motor

Selain mengecat ulang velg, ada cara modifikasi lainnya yang lebih murah, yakni menempelkan stiker pada motor. Tak berbeda jauh dengan cat semprot, pilihan warna stiker velg juga terbilang sangat beragam. Mulai dari warna yang gelap hingga yang terang sekalipun. Dibandingkan dengan harga cat semprot, harga stiker velg ini lebih murah dan ramah kantong.

Stiker velg ini bisa kamu beli di bengkel terdekat atau di e-commerce. Jika kamu membelinya langsung di bengkel, mereka juga akan menawarkan jasa pemasangannya. Namun, jika kamu merasa bisa menempelkan stiker velg motor sendiri, tak ada salahnya jika kamu tak menggunakan jasa dari bengkel. Hanya saja, pastikan kamu memasangnya dengan tepat dan sangat hati-hati, ya.

  1. Beli Velg Bekas

Kamu bisa melakukan modifikasi pada velg motor dengan mengandalkan velg bekas. Sudah bukan rahasia lagi, jika velg bekas akan dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan velg baru. Bahkan, kamu bisa hemat hingga 50%, lho. Meski begitu, kamu harus lebih jeli setiap kali akan membeli velg bekas. Pastikan velg bekas tersebut masih memiliki kualitas yang bagus dan nggak cacat.

Jika kamu memaksakan membeli velg bekas yang cacat, bukannya malah hemat kamu malah akan boros kemudian harinya. Velg yang cacat pun gak akan enak dipandang, kan? Untuk mengecek kualitas velg bekas yang akan kamu beli, perhatikan dengan seksama setiap sisi velg. Cari tahu juga apakah ada bagian dari cat velg yang mulai tampak terkelupas. Untuk velg yang dilengkapi dengan jari-jari, pastikan setiap jari-jarinya tak ada yang bengkok, ya.

Di antara keempat cara modifikasi velg motor yang telah disebutkan di atas, mana nih yang akan kamu jadikan pilihan? Apapun pilihan kamu, keempat cara di atas tetaplah lebih murah dibandingkan harus membeli velg baru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *